Karawang (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyampaikan penambahan kasus positif dari kluster sanggar senam.

"Hari ini ada tambahan satu orang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat Fitra Hergyana di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan tambahan satu orang positif COVID-19 itu adalah laki-laki berusia 20 tahun yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online.

Satu orang yang terkonfirmasi ini masih memiliki hubungan kerabat dengan pasien yang terkonfirmasi positif dari kluster senam.

Baca juga: Gugus Tugas Karawang temukan penularan COVID-19 di komunitas senam

Baca juga: Gugus Tugas Karawang: Empat orang positif COVID-19 sembuh


"Sekarang ini yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit Khusus Paru Jatisari Karawang," kata Fitra.

Menurut dia, akibat adanya transmisi dari kluster senam ini membuat tim gugus tugas mengoptimalkan penelusuran (tracing) serta melakukan pemeriksaan kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien positif COVID-19, khususnya dari kluster senam itu.

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau agar para pengemudi ojek online bekerja dengan memperhatikan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker dan mewajibkan penumpang menggunakan masker.

Begitu juga sebaliknya, bagi masyarakat yang hendak menggunakan ojek online juga wajib menggunakan masker.

Sementara itu, dengan adanya penambahan satu orang positif itu, maka jumlah orang terkonfirmasi positif yang masih menjalani observasi di Karawang menjadi 23 orang.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan atau PDP yang masih dalam pengawasan masih ada enam orang.

Sebanyak 30 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dalam pemantauan, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih dalam pemantauan ada 46 orang.*

Baca juga: Penyebaran virus corona di Karawang masih terjadi saat AKB

Baca juga: 23 orang positif COVID-19 di Karawang dinyatakan sembuh

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020