Surabaya (ANTARA News) - Empat dari 12 petenis Indonesia sukses melewati laga kualifikasi dan memastikan lolos ke babak utama turnamen ITF Junior Semen Gresik Widjojo Soejono 2009 yang berlangsung 10-15 November.

Mereka yang lolos dari babak kualifikasi yang berlangsung di Lapangan Tenis Kodam V Brawijaya Surabaya, Senin, adalah petenis putri Tria Rizki Amalia, dan tiga wakil putra masing-masing Dimas Rivai Arganata, Frederico Leonardo Rumambi dan Nur Adim Ramdani Iswan.

Babak kualifikasi memperebutkan 12 tempat di babak utama, terdiri dari delapan di kelompok putra dan empat di bagian putri.

Dari lima tempat tersisa di kelompok putra, empat di antaranya direbut petenis asal Swiss, yakni Dardan Maliqi, Loic Theilhaes, Boris Greco, dan Jens Hauser. Satu tiket tersisa diraih petenis asal Singapura, Arman Aymond.

Sedang di bagian putri, Swiss meloloskan dua wakilnya di babak utama melalui Karin Kennel dan Lenora Rossi, serta satu tempat lainnya direbut petenis Lithuania, Kathinka Von Deichmann.

Tria Rizki Amalia memastikan lolos babak utama turnamen tahunan tersebut, setelah mengalahkan rekannya Meutia Sabrina dari Jatim dengan "straight set" 6-2, 6-1.

Wakil Jatim lainnya Ibrahim Unggulaga yang turun di kelompok putra, harus mengakui ketangguhan petenis Swiss, Boris Greco juga dengan dua set 1-6, 4-6.

"Dia memiliki servis yang cepat dan kuat. Pukulannya juga sulit dan membuat saya tidak bisa mengembangkan permainan," kata Ibrahim usai pertandingan.

Pertandingan babak utama turnamen ITF Junior kelompok putra akan diikuti sebanyak 64 petenis, termasuk delapan pemain dari kualifikasi dan empat pemain berfasilitas "wild card".

Sedangkan pada kelompok putri hanya diramaikan 32 petenis, termasuk empat pemain dari babak kualifikasi dan empat petenis "wild card".

Ketua Panpel Turnamen Didik Pribadi Utomo, mengatakan petenis mancanegara yang memastikan ikut berasal dari 25 negara, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 20 negara.

Mereka antara lain datang dari Inggris, China, Belgia, Jepang, Swiss, Jerman, Thailand, Malaysia, Rusia, Lithuania, Kanada, Kroasia, Australia, India, dan tuan rumah Indonesia.

Petenis tuan rumah Cynthia Melita menjadi pemilik ranking tertinggi di kelompok putri, yakni 258 ITF menempati "seeded" utama, sedangkan di bagian putra ditempati Xin Gao asal China dengan peringkat 247 ITF.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009