Menurut saya kita ada kelebihan, tempat-tempat kita juga menarik tidak kalah dengan negara tetangga
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Indonesia bisa meniru cara Thailand dalam mengembangkan wisata olahraga (sport tourism) yang notabene berhasil menyedot wisatawan asing datang ke Negeri Gajah Putih tersebut.

"Negara-negara lain sudah mendorong sport tourism menjadi income untuk negaranya. Devisa yang masuk juga signifikan, contohnya Thailand," ujar Menpora saat menjadi pembicara webinar yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Menpora bercerita saat penyelenggaraan SEA Games Filipina 2019, ia bertemu dengan Menteri Olahraga Thailand. Dalam pertemuan itu, Menteri Olahraga Thailand mengatakan bahwa sport tourism menjadi salah satu penggerak ekonomi yang signifikan.

Baca juga: Menpora nilai Indonesia kurang serius garap Sport Tourism

Mereka sadar bahwa Thailand tidak selamanya bisa mengandalkan wisata hiburan untuk merebut pasar turis selalu datang ke negerinya. Maka dari itu perlu penyegaran agar para wisatawan tetap menjadikan Thailand sebagai destinasi tujuan yakni dengan mengembangkan sport tourism.

"Mereka (Thailand) sampaikan sekarang ketergantungan pada sport tourism sangat luar biasa. Kalau dulu kita kenal orang pariwisata di Thailand hanya hiburan tapi mereka sadar itu tidak bisa mereka andalkan lagi karena persaingan ada di mana-mana dan mereka dorong ke sport tourism," kata dia.

"Mereka menjual paket, misal golf. Untuk bisa main selama beberapa hari, mereka menawarkan paket akomodasi, transportasi dan dia berpariwisata itu dijual serempak dalam satu paket," kata dia.

Cara yang dilakukan negeri tetangga itu, kata Zainudin, bisa diterapkan pula di dalam negeri apalagi Indonesia memiliki berbagai potensi alam yang melimpah.

Indonesia bisa menjual paket-paket wisata disertai pengalaman olahraga seperti arung jeram, naik gunung, panjat tebing, selancar, hingga lari lintas alam. Dengan menawarkan paket tersebut, diyakini wisatawan bakal betah tinggal di Indonesia yang terhubung dengan uang yang dikeluarkan oleh mereka tak sedikit.

Baca juga: Pemkab Bogor gandeng milenial jual dan promosikan pariwisata

"Menurut saya kita ada kelebihan, tempat-tempat kita juga menarik tidak kalah dengan negara tetangga. Mengapa kita tidak berinisiatif membuat itu? Paket arung jeram, paket olahraga petualang, kita paketkan semuanya tapi ada unsur wisatanya," kata dia.

Namun untuk mewujudkan sport tourism, Kemenpora butuh kerja sama lintas kementerian karena pengembangannya bersinggungan dengan berbagai pihak.

"Kita harus kerja sama dengan Kemenparekraf, Kemenko Maritim dan Investasi, Kemenpar. Kemenpora tidak mungkin kerja sendiri menggarap olahraga. Kita sesama pemerintah harus bersinergi agar bisa maju," kata dia.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020