Ibu hamil terkonfirmasi positif COVID-19 di Manggarai Barat

Ibu hamil terkonfirmasi positif COVID-19 di Manggarai Barat

Perkembangan COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/HO-gugus tugas Manggarai Barat)

Kupang (ANTARA) - Seorang ibu dengan usia kehamilan delapan bulan dilaporkan terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ibu hamil tersebut diketahui positif COVID-19 bersama dua orang lainnya, berdasarkan hasil tes usap di Laboratorium TCM RSUD Komodo Labuan Bajo, Rabu (15/7), kata Wakil Ketua Tim Media Center COVID-19 Kabupaten Manggarai Barat Florianus Riyan Gampar kepada ANTARA melalui pesan aplikasi WhatsApp di Kupang, Kamis.

"Berdasarkan hasil tes usap kemarin (Rabu-red) di Laboratorium TCM RSUD Komodo Labuan Bajo, ada orang telah dinyatakan positif COVID-19 dan ditetapkan sebagai pasien 019, 020, dan 021 COVID-19 Manggarai Barat. Salah satunya adalah seorang ibu yang sedang hamil delapan bulan," katanya.

Baca juga: Ibu hamil di Surabaya jalani swab usia kandungan masuki minggu ke-37

Dia menjelaskan pasien yang sedang hamil ini merupakan pasien yang berasal dari Kakor Desa Kakor Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat yang berada di ujung barat Pulau Flores itu.

Menurut dia, pasien tersebut telah berada di Makassar dari Tahun 2015 untuk melanjutkan pendidikan, tetapi memutuskan untuk kembali ke Labuan Bajo dengan menggunakan KMP Sangke Palangga pada 11 Juli 2020.

Baca juga: Satpas SIM Kemayoran prioritaskan kelompok rentan di masa COVID-19

Sesuai informasi kata dia, pasien ini telah melakukan tes cepat pada salah satu klinik di Makasar dengan hasil negative atau non reaktif.

"Pada 12 Juli 2020, KMP. Sangke Palangga tiba di Labuan Bajo, dikarenakan kapal tersebut pernah mengangkut pasien positif sebelumnya, maka Tim Dinas Kesehatan melakukan tes cepat kepada penumpang yang turun dari kapal tersebut," katanya.

Baca juga: Lima rumah sakit di Surabaya ditunjuk beri layanan ibu hamil

Dari hasil tes cepat tersebut, pasien yang sedang hamil ini memperoleh hasil reaktif dan selanjutnya dilakukan pengambilan swab di RSUD Komodo pada 15 Juli 2020.

"Sample usap pasien langsung diuji pada Laboratoriun TCM RSUD Komodo dan hasil yang diperoleh adalah Sars Cov-2 positif dan ditetapkan sebagai pasien ke 20," katanya menjelaskan.

Saat ini, pasien tersebut bersama lima orang lainnya sedang dalam perawatan.

Jumlah kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat saat ini berjumlah 21 orang, 16 sembuh dan lima lainnya masih dalam perawatan.
Pewarta : Bernadus Tokan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020