Kepala Bappenas kunker selama 5 hari di Labuan Bajo, ini agendanya

Kepala Bappenas kunker selama 5 hari di Labuan Bajo, ini agendanya

Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa (kedua kiri) dan gubernur NTT Viktor B Laiskodat (kiri) saat tiba di bandara Komodo, Labuan Bajo, Kamis (16/7). (Antara/Kornelis Kaha)

Kupang (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Labuan Bajo Manggarai Barat dalam rangka meninjau pembangunan infrastrukturuntuk mendukung bangkitnya sektor pariwisata di daerah itu pada era kebiasaan baru.

Pantauan ANTARA tiba di bandara Komodo Labuan Bajo, Kamis (16/7) siang, rombongan Menteri PPN/Bapennas langsung dijemput oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan pejabat daerah di kabupaten itu.

Karo Humas Pemprov NTT Marius Jelamu ditemui di bandara mengatakan bahwa Menteri PPN/Kepala Bappenas akan berada di Manggarai Barat selama kurang lebih lima hari.

Selama lima hari itu Kepala Bappenas akan mengelar rapat bersama Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, dan juga sejumlah pejabat di daerah itu yang pembahasannya berkaitan dengan rencana pembangunan di Labuan Bajo yang merupakan kawasan wisata prioritas.

Baca juga: Presiden Jokowi coba Puncak Waringin di Labuan Bajo, ini harapannya

"Pak Menteri nanti akan mengelar rapat bersama dengan Pak Gubernur dan Bupati nanti. Tentunya berkaitan dengan pembangunan di daerah ini berkaitan dengan peningkatan ekonomi," tambah dia.

Dari jadwal yang diterima Antara dari Humas Bappenas pada Kamis (16/7) sore akan meninjau progres pembangunan di Puncak Waringin yang saat ini tengah dalam proses pembangunan.

Pada hari kedua yakni pada Jumat (17/7) Kepala Bappenas akan lakukan pertemuan dengan Gubernur NTT, Bupati Manggarai Barat, Direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores serta Kepala Balai TN Komodo di Inaya Bay Komodo

Baca juga: NTT minta pengelola hotel siapkan bilik disinfektan, cegah COVID-19

Setelah itu peninjauan penyaluran bantuan sosial dan dialog dengan warga di Kantor Pos Komodo di Labuan Bajo. Kemudian masih  pada hari yang sama juga  akan meninjau kesiapan penanganan dan protokol COVID-19 serta dialog dengan tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Puskesmas dan RSUD di Labuan Bajo.

Di hari berikutnya, Kepala Bappenas dan Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Barat dijadwalkan ke Pulau Kelor dalam rangka peninjauan rencana pembangunan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Pariwisata 2020 dan Long Pink Beach di Pulau Padar, Loh Buaya di Pulau Rinca, serta Pulau Kalong dalam rangka peninjauan kesiapan sektor pariwisata.

Sementara itu pada Minggu (19/7) Kepala Bappenas juga akan meninjau pembangunan di sejumlah lokasi pariwisata di kabupaten itu untuk memastikan kesiapan fisiknya.

Sementara pada hari terakhir yakni pada Senin (20/7) Menteri akan meninjau pembangunan Bandara Komodo yang nanti akan dibangun oleh Changi Airport.

Baca juga: Badan Otoritas harapkan kemudahan akses ke kawasan Labuhan Bajo
Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020