Kasal lantik 323 perwira lulusan Diktupa dengan protokol COVID-19

Kasal lantik 323 perwira lulusan Diktupa dengan protokol COVID-19

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (tiga kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada perwakilan lulusan perwira Diktupa angkatan ke-49 tahun ajaran 2019 usai upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Prasetya Perwira di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (17/7/2020). (ANTARA Jatim/Bagpen Kodiklatal)

Surabaya (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melantik 323 orang perwira pertama lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Angkatan ke-49 Tahun Ajaran 2019 di Lapangan Laut Maluku, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Surabaya, Jumat.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Prasetya Perwira 323 orang siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktupa) TNI AL itu menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni tidak ada acara ramah tamah Kasal dengan para lulusan di dalam ruangan, karena semua kegiatan dipusatkan di lapangan terbuka, termasuk tidak ada defile pasukan.

Ratusan perwira pertama yang dilantik juga berdiri dengan jarak satu meter, begitu pula tempat duduk tamu undangan terapkan jaga jarak. Selain itu, tidak ada tamu undangan sipil maupun keluarga para lulusan seperti pelantikan-pelantikan sebelum ada pandemi COVID-19, semua undangan dari jajaran petinggi lingkungan TNI AL.

Baca juga: Kasal kunjungan kerja ke Papua Barat
Baca juga: Panglima TNI sematkan Tanda Kehormatan kepada Kasal dan Kasau
Baca juga: Menteri Edhy bertemu Kasal, perkokoh penjagaan kekayaan laut nasional


"Semua kita pusatkan di sini (Lapangan Laut Maluku, red). Tidak ada acara di dalam ruangan, karena protokol kesehatan COVID-19 seperti itu. Ini upaya untuk meminimalkan penyebaran COVID," kata Kasal Laksamana Yudo Margono usai menjadi inspektur upacara.

Didampingi Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Nurhidayat, Yudo Margono mengingatkan para perwira baru lulusan Diktupa untuk terus mengasah kemampuan diri dan meningkatkan profesionalime agar mampu menjadi pengawak andal TNI AL.

"Jadilah perwira yang adaptif, produktif, inovatif dalam berpikir, dan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton. Ini bukan akhir dari pengembangan diri, tetapi momen awal untuk terus mengembangkan diri agar bisa mencapai kapasitas yang optimal," tambah Laksamana Yudo Margono.

Sementara itu, 323 orang perwira pertama lulusan Diktupa Angkatan ke-49 yang dilantik terdiri dari 54 orang Korps Pelaut, 46 orang Korps Teknik, 33 orang Korps Elektronika, 50 orang Korps Suplai, 8 orang Korps Marinir, 20 orang Korps Khusus, 18 orang Korps Kesehatan, dan 16 orang Korps Polisi Militer.

Di antara perwira yang dilantik itu terdapat 17 orang Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang pada umumnya sudah berkeluarga dan selanjutnya mereka akan ditugaskan di satuan kerja TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan itu, Kasal Laksamana Yudo Margono juga menyerahkan penghargaan kepada lulusan terbaik dari masing-masing korps.

Para perwira yang berasal dari bintara reguler ini sebelumnya telah menjalani upacara penutupan pendidikan di Gedung R. Moeljadi yang dipimpin Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat.
Pewarta : Didik Kusbiantoro
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020