Gugus Tugas: Kasus COVID-19 bertambah 9 orang, 6 asal Lampung Selatan

Gugus Tugas: Kasus COVID-19 bertambah 9 orang, 6 asal Lampung Selatan

Juru Bicara Non Teknis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Chrisna Putra, Bandarlampung, Sabtu 18/7/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kasus COVID-19 di Provinsi Lampung masih mengalami peningkatan dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 9 orang dalam satu hari dan 6 di antaranya berasal dari Kabupaten Lampung Selatan.

"Hari ini terdapat penambahan kasus COVID-19 di Provinsi Lampung, dengan jumlah 9 kasus tambahan terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Juru Bicara Non Teknis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra di Bandarlampung, Sabtu.

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 sembuh di Lampung bertambah satu

Ia mengatakan penambahan sembilan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 menambah panjang jumlah kasus menjadi 229 kasus, 47 orang dalam masa isolasi, 170 orang dinyatakan sembuh, 12 orang meninggal dunia.

"Penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 berasal dari beberapa Kabupaten meliputi 6 orang berasal dari Kabupaten Lampung Selatan, satu asal Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan dua kasus asal Kabupaten Pesawaran," katanya.

Baca juga: Bayi satu bulan di Lampung terkonfirmasi positif COVID-19

Ia menjelaskan penambahan kasus terbanyak yang berasal dari Kabupaten Lampung Selatan berasal dari hasil pelacakan kasus pasien nomor 224 yang sempat berkontak erat dengan pasien nomor 205.

"Diketahui bahwa pasien nomor 224 seorang laki-laki berusia 25 tahun yang berasal dari Sumatera Selatan pernah kontak erat dengan pasien nomor 205 di suatu acara, dan melakukan kontak dengan lima pasien lain di Lampung Selatan dalam rangka mengunjungi anaknya," ujarnya.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung bertambah jadi 168

Ia mengatakan kelima pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hasil pelacakan kasus pasien nomor 224 terdiri atas tiga perempuan dewasa, seorang anak perempuan berumur 8 tahun, dan seorang anak laki-laki berumur 14 tahun.

"Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 nomor 224 saat ini dalam masa isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Lampung Selatan dan lima pasien lain hasil pelacakan menjalani isolasi mandiri," ucapnya.

Baca juga: Dinkes: Kasus positif COVID-19 Lampung nihil, kasus PDP bertambah dua

Secara keseluruhan di Provinsi Lampung terdapat 52 orang yang masih dipantau kondisinya karena pernah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 atau penderita saluran pernafasan berat.

Pemantauan juga dilakukan pada total 193 orang dalam kasus suspek dengan perincian dua orang masih dalam isolasi, 155 orang sudah sehat, dan 36 meninggal dunia, dan saat ini tengah memantau kondisi 139 orang yang dikonfirmasi positif terserang COVID-19 namun tidak mengalami gejala sakit.

Baca juga: Lampung Timur catatkan kasus positif COVID-19 pertama

 
Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020