Lima warga Palembang positif COVID-19 di Riau

Lima warga Palembang positif COVID-19 di Riau

Tim medis melakukan swab terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien COVID-19, di RSUD Tanjunguban, Kabupaten, Bintan, Provinsi Kepri, Selasa (23/6/2020). ANTARA/Nikolas Panama/aa.

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak lima orang warga Palembang Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja di Provinsi Riau dinyatakan positif COVID-19.

“Mereka merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Ahad.

Warga Palembang yang sudah dinyatakan positif COVID-19 tersebut masing-masing berinisial H (30), A (30), FA (29), RP (31), dan S(36). Kelimanya kini sudah diisolasi dan dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Pekanbaru.

Kasus pasien H terungkap saat lelaki berusia 30 tahun itu melakukan uji cepat (rapid test) mandiri untuk keperluan kembali ke Kota Palembang dengan hasil reaktif. Setelah dilanjutkan pemeriksaan usap (swab) pada tanggal 16 Juli 2020 di salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru, pasien H dinyatakan Positif COVID-19.

Baca juga: Selama pandemi, 1.357 mahasiswa kurang mampu di Riau dapat bansos

Baca juga: Aplikasi Mata Bansos dari Riau akan diadopsi secara nasional


“Tuan H memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 07 Juli 2020,” ujarnya.

Sedangkan, empat pasien baru lainnya kuat dugaan tertular karena merupakan kontak erat dari pasien positif COVID-19 berinisial R, yang merupakan kasus positif ke-242 di Riau.

“Mereka merupakan kontak erat dari kasus positif ke-242, Tuan R yang merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan,” katanya.

Ia mengatakan total kasus positif COVID-19 di Riau mencapai 272. Rinciannya, 36 masih dirawat, 225 sehat dan sudah dipulangkan, dan 11 meninggal dunia.*

Baca juga: Stok masker N95 untuk tangani COVID-19 dan karhutla di Riau menipis

Baca juga: Tinggal 5 kabupaten/kota di Riau masih rawat pasien positif COVID-19

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020