Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton tampil dominan di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu, untuk kedelapan kalinya menjuarai Grand Prix Hungaria dan mengambil alih pimpinan klasemen musim ini.

Pebalap tim Mercedes itu mengonversi pole position ke-90 dalam karirnya di F1 itu menjadi kemenangannya ke-86 kali, mendekati rekor jumlah kemenangan sepanjang masa sebanyak 91 yang dipegang Michael Schumacher.

Hamilton tak mendapat perlawanan berarti dari rival-rivalnya di seri ketiga F1 di musim yang sempat tertunda pandemi selama empat bulan itu.

Kemenangan itu juga menjadi yang kedelapan kali bagi pebalap asal Inggris itu di Hungaroring, paling banyak di antara pebalap lainnya.

Baca juga: Hamilton raih pole position ke-90 di Grand Prix Hungaria
Baca juga: Protes Renault tentang legalitas "pink Mercedes" terkait masa depan F1


"Percaya atau tidak, aku terus tampil menekan di sana. Ini tantangan yang berbeda, tapi pitstop yang hebat, strategi yang hebat. Aku harus mencoba dan tetap menjaganya," kata Hamilton.

Hujan membasahi trek sepanjang 4,3 km itu sebelum start dan sebagian besar pebalap mengawali lomba menggunakan ban intermediate karena trek masih basah.

Max Verstappen membuat kelabakan tim Red Bull jelang start ketika ia yang sedang menuju grid menabrakkan mobil RB16-nya yang tergelincir ke pagar pembatas trek.

Beruntung Verstappen bisa menjalani balapan karena dengan cekatan kru Red Bull bekerja keras memperbaiki mobilnya, bertarung dengan waktu saat start tinggal beberapa menit lagi, hingga mempersembahkan trofi runner-up bagi tim Red Bull setelah finis 8,702 detik dari Hamilton.

"Bukan awal yang aku inginkan tentunya, berujung di pagar pembatas. Para mekanik melakukan tugasnya dengan luar biasa. Aku tidak tahu bagaimana mereka melakukannya tapi aku membayar mereka dengan tempat kedua. Memisahkan Mercedes bagus untuk kami," kata Verstappen.

Mercedes gagal finis 1-2 seperti di dua seri pembuka setelah Vallteri Bottas tak mampu mengejar defisit jaraknya dari Verstappen dan harus puas finis P3.

Cuaca membaik dan trek mengering seiring jalannya balapan hingga para pebalap pun berganti ke ban slick.

Racing Point tampil perkasa dengan mengirimkan Lance Stroll ke P4, mengungguli pebalap Red Bull Alexander Albon dan pebalap Ferrari Sebastian Vettel yang finis P6.

Mobil "pink Mercedes" kedua finis P7 setelah Sergio Perez menahan pebalap Renault Daniel Ricciardo di P8.

Baca juga: Formula 1 laporkan dua kasus positif COVID-19
Baca juga: Lando Norris sempat pulang ke Inggris untuk perawatan sakit punggung


Kevin Magnussen mengemas poin pertamanya musim ini untuk Haas setelah finis P9 di depan pebalap McLaren Carlos Sainz yang menyapu poin terakhir yang tersedia di balapan.

Runner-up seri pembuka, Charles Leclerc terlempar keluar zona poin setelah hanya mampu finis P11 untuk Ferrari, di depan pebalap Alpha Tauri Daniil Kvyat.

Mobil AlphaTauri kedua yang dikendarai Pierre Gasly sejak sesi latihan bebas dan kualifikasi dirundung masalah power unit dan puncaknya sang pebalap Prancis itu harus kembali ke garasi dengan mesin Honda yang berasap.

Lando Norris, yang finis P3 dan P5 di dua seri pembuka, kali ini gagal mempersembahkan poin untuk Mclaren setelah finis P13 di depan pebalap Renault Esteban Ocon dan Romain Grosjean dari tim Haas.

Dua Alfa Romeo juga belum menemukan kecepatannya untuk bersaing di papan tengah ketika Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi hanya mampu finis P16 dan P17 di depan dua mobil Williams milik George Russel dan Nicholas Latifi.

Dengan kemenangan dan mencetak lap tercepat di Hungaria, Hamilton merebut pimpinan perolehan poin sementara dari Bottas dengan keunggulan lima poin. Verstappen, yang terpaut 30 poin dari pemuncak klasemen, menggeser Norris ke peringkat empat setelah unggul tujuh poin dari pebalap McLaren itu.

Baca juga: Vettel bantah rumor kontrak dengan Racing Point
Baca juga: Jalani balapan sulit, Sean Gelael nir poin di Hungaroring

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020