Kami tengah menghadapi masa yang penuh tantangan. Penurunan permintaan energi yang cepat dalam menghadapi peningkatan produksi minyak merupakan tantangan bagi industri
Jakarta (ANTARA) - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) mengumumkan pada 13 Juli 2020 telah memproduksi gas perdana dari Lapangan Meliwis yang ditemukan pada 2016 di Wilayah Kerja Lepas Pantai Madura, Jawa Timur.

CEO MedcoEnergi Roberto Lorato dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, mengatakan terlepas dari tantangan logistik dan operasional yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, MedcoEnergi mampu menyelesaikan pengembangan lapangan gas Meliwis dengan aman.

Lapangan ini dikembangkan melalui platform tak berawak dan pipa bawah laut sepanjang 11 km untuk memasok hingga 20 MMCFD ke industri dalam negeri di Jawa Timur.

Selain itu dalam jangka waktu 4 tahun sejak lapangan ditemukan, kata dia, kini lapangan tersebut sudah bisa produktif memproduksi gas.

Sebelumnya Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan perusahaan migas tersebut tengah mengalami penurunan permintaan sepanjang pandemi COVID-19, namun di sisi lain produksi minyak dan gas terus mengalami peningkatan.

"Kami tengah menghadapi masa yang penuh tantangan. Penurunan permintaan energi yang cepat dalam menghadapi peningkatan produksi minyak merupakan tantangan bagi industri,” katanya.

Namun ia menjelaskan Medco Energi akan mendukung pemerintah untuk menjaga pasokan energi nasional.

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020