Jakarta (ANTARA) - Salah satu cucu Ratu Elizabeth, Putri Beatrice yang diam-diam menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada Jumat (17/7) lalu, rupanya mengenakan gaun tua milik Sang Ratu di hari pernikahannya.

Alih-alih mengenakan gaun baru yang dipesan khusus seperti bangsawan Inggris lainnya, Beatrice memilih gaun putih gading vintage yang dibuat dari kain taffeta Peau De Soie, dan dipotong bagian bawahnya kemudian disambung dengan satin berwarna senada.

Gaun milik Ratu Elizabeth itu dirancang oleh Norman Hartnell sekitar tahun 1960-an hingga 1970-an. Gaun itu semula dirancang sebagai gaun tanpa lengan. Namun kemudian di hari bahagia Beatrice, gaun itu dimodifikasi dengan menambah lengan gelembung dari bahan organza yang dihiasi diamanté.

Istana Buckingham mengatakan Beatrice, yang berada di urutan kesembilan dari takhta juga mengenakan tiara berlian Queen Mary yang dipinjamkan Ratu Elizabeth kepadanya untuk hari itu.

Ratu Elizabeth juga mengenakan tiara yang sama, dibuat pada tahun 1919 dari kalung berlian yang diberikan oleh Ratu Victoria untuk pernikahannya, ketika dia menikah dengan Philip pada tahun 1947.

Penampilan Beatrice yang terbilang sederhana dibandingkan dengan penampilan Putri Eugenie, Kate Middleton serta Meghan Markle di hari pernikahan mereka, diunggah oleh saudarinya, Putri Eugenie melalui laman akun Instagramnya.

"Tidak ada yang bisa menandingi kebahagiaan Bea,...," tulis Eugenie dalam keterangan sejumlah foto pernikahan saudarinya yang dia unggah.
 


"Sungguh sukacita dan hak istimewa untuk menyaksikan pernikahanmu, kakak perempuan saya yang cantik berjalan menyusuri lorong menghampiri Edo tersayang. Saya sangat bangga dan turut berbahagia, serta bersemangat untuk mendukung babak baru dalam hidupmu. Kita akan bersenang-senang bersama. Selamat hari pernikahan untuk kalian berdua xxxx," tulis Eugenie.

Pasangan Beatrice dan Edoardo terpaksa menunda upacara besar-besaran yang direncanakan karena krisis COVID-19, tetapi melanjutkan dengan upacara yang sangat tertutup sehingga terkesan "rahasia", seperti dilaporkan The Telegraph.

The Sun melaporkan pasangan ini menikah di All Saints Chapel, Windsor Great Park, dan dihadiri tidak lebih dari 20 orang tamu, termasuk Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Putri Beatrice dan Mozzi sebelumnya berencana untuk menikah di Chapel Royal, di St James's Palace, London, pada bulan Mei, dengan 150 tamu undangan dan resepsi mewah.

Namun setelah beberapa kali mengalami penundaan akibat sejumlah skandal istana (dari Megxit hingga skandal "Epstein" yang menyeret nama Pangeran Andrew) serta pandemi COVID-9, pasangan ini akhirnya menikah dengan hanya mengundang teman dan keluarga dekat.

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan, "upacara pernikahan pribadi Putri Beatrice dan Mr. Edoardo Mapelli Mozzi berlangsung pada pukul 11 pagi pada hari Jumat 17 Juli di All Saints Chapel di Royal Lodge, Windsor."

"Upacara kecil ini dihadiri oleh Ratu, Duke of Edinburgh dan keluarga dekat. Pernikahan itu berlangsung sesuai dengan semua protokol kesehatan yang relevan."


Baca juga: Corona, Putri Beatrice batalkan rencana pernikahannya

Baca juga: Putri Beatrice menikah dengan hanya dihadiri 20 tamu

Baca juga: Topi Putri Beatrice Terjual 131.652 Dolar AS

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020