Sleman terima penghargaan KPAI atas komitmen dalam perlindungan anak

Sleman terima penghargaan KPAI atas komitmen dalam perlindungan anak

Bupati Sleman Sri Purnomo menerima penghargaan dari KPAI atas komitmen dalam perlindungan anak. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman/am.

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menerima penghargaan dari lembaga negara independen Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas Komitmennya dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Melaporkan Capaian Berbasis Sistem Informasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP), Rabu.

Penyerahan penghargaan dari yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional tersebut dilakukan secara virtual melalui video conference di Ruang Smartroom Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman yang dihadiri Bupati Sleman Sri Purnomo dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini.

Sedangkan dalam tayangan video conference tersebut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Kapolda Metro Jaya serta disaksikan para kepala daerah se-Indonesia secara virtual.

Baca juga: Menko PMK: Perlindungan anak tentukan keberhasilan Indonesia emas
Baca juga: Menteri Agama: Anak tentukan masa depan Indonesia


Ditemui usia video conference tersebut Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan penghargaan ini merupakan hasil dari kerja sama seluruh pemangku kepentingan dalam hal perlindungan anak dan perempuan di Kabupaten Sleman.

"Dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak Pemkab Sleman juga sudah menandatangani nota kesepahaman bersama dengan aparat penegak hukum terkait dengan perlindungan hak anak dalam peradilan pidana anak," katanya.

Menurut dia, hal tersebut merupakan kewajiban seluruh pihak untuk mempersiapkan masa depan anak-anak di Kabupaten Sleman.

"Ke depannya, Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus meningkatkan pelayanan terkait dengan pemenuhan hak anak," katanya.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dr Mafilindati Nuraini mengatakan penghargaan ini diraih berkat inovasi Pemkab Sleman yakni membentuk Forum Komunikasi Sistem Peradilan Pidana Anak.

"Pemkab Sleman menandatangani nota kesepahaman bersama
dengan Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Kemenag dan Bapas. Sehingga dalam mendampingi anak-anak yang mempunyai problem hukum selalu mengedepankan perlindungan dan pemenuhan terhadap anak," katanya.

Baca juga: Sejumlah penghargaan diberikan KPAI pada Hari Anak Nasional 2020
Baca juga: Peran media dibutuhkan untuk pemenuhan hak anak di masa pandemi
Baca juga: KPAI dorong sistem perekrutan dan perlindungan lebih ketat di P2TP2A

 
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020