PSSI kantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 untuk gulirkan liga

PSSI kantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 untuk gulirkan liga

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - PSSI mengantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 untuk menggulirkan Liga 1, 2 dan 3 musim 2020 di tengah pandemi COVID-19.

"Pada prinsipnya, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo memberikan dukungan kepada kami. Hanya ada beberapa hal yang harus disepakati oleh seluruh komponen sepak bola termasuk suporter," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui saluran Youtube BNPB di Jakarta, Rabu.

Menurut Iriawan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta agar semua protokol kesehatan dapat diterapkan dengan ketat selama kompetisi berlangsung.

PSSI, yang sudah membuat protokol kesehatan untuk kegiatan sepak bola baik kompetisi klub maupun timnas, menyanggupi hal tersebut.

Baca juga: PSSI wacanakan tes COVID-19 untuk tim Liga 1-2
Baca juga: PSSI: pengetesan COVID-19 salah satu syarat jika liga dilanjutkan


"Kami menyepakati dan akan mengikuti aturan serta protokol kesehatan yang ada. Dalam prinsip kami, protokol kesehatan itu adalah yang paling utama," tutur Iriawan.

Beberapa hal yang ditekankan oleh Satgas Penanganan COVID-19 terkait pencegahan penyebaran COVID-19 adalah tidak adanya penonton di stadion saat pertandingan, melakukan pengujian COVID-19 secara rutin dan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Kami berharap PSSI mengupayakan agar suporter hanya menyaksikan laga lewat siaran televisi atau pun 'streaming'. Kemudian, ikut mengampanyekan penerapan protokol kesehatan dengan mengajak figur-figur tokoh sepak bola yang diharapkan lebih efektif dan didengar oleh masyarakat karena mereka dijadikan panutan dan memiliki fan yang banyak," kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo.

Baca juga: PSSI bukukan prosedur tetap cegah COVID-19 untuk Liga 1 dan 2

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambangi Kantor Satgas Penanganan COVID-19 pada hari ini, Rabu (22/7), siang. Dalam kunjungannya, Iriawan didampingi beberapa pejabat PSSI dan petinggi operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) termasuk sang direktur utama Akhmad Hadian Lukita.

PSSI resmi memutuskan Liga 1, 2 dan 3 Indonesia musim 2020 bergulir kembali mulai Oktober 2020 melalui surat keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa tahun 2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada 27 Juni 2020.

Perhelatan sepak bola nasional ini akan diawali dengan berlangsungnya lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 mulai 1 Oktober 2020 dan dijadwalkan berakhir pada 28 Februari 2021.

Baca juga: PSSI resmi putuskan Liga 1, 2, dan 3 bergulir mulai Oktober 2020
Baca juga: PSSI: Timnas U-16 akan rutin jalani tes COVID-19 selama TC
Baca juga: PSSI-APPI sepaham soal situasi pandemi COVID-19
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020