PSSI: Satgas COVID-19 bantu sediakan 'swab test' saat kompetisi

PSSI: Satgas COVID-19 bantu sediakan 'swab test' saat kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (ketiga dari kanan) berbincang dengan pemain timnas U-16 Alexandro Kamuru (kedua dari kiri), disaksikan pelatih timnas U-16 Bima Sakti (ketiga dari kiri), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/7/2020). Kegiatan itu bagian dari kunjungan PSSI ke lokasi pelaksanaan pemusatan latihan timnas U-16. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 akan membantu penyediaan tes usap (swab test) COVID-19 selama bergulirnya kompetisi sepak bola nasional.

"Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Pak Doni Monardo menyampaikan bahwa satgas akan memberikan bantuan tes swab saat bergulirnya kompetisi," ujar Iriawan dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui saluran Youtube BNPB di Jakarta, Rabu.

Meski tidak menyebutkan secara mendetail terkait frekuensi tes usap selama kompetisi berlangsung, Iriawan menyebut bantuan tersebut membuat PSSI gembira.

Baca juga: PSSI wacanakan tes COVID-19 untuk tim Liga 1-2

Sementara Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo menegaskan bahwa dukungan uji usap tersebut diberikan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 itu di lapangan hijau.

Bagaimana pun, lanjut Doni, aspek kesehatan adalah hal utama termasuk dalam kegiatan sepak bola.

"Satgas mendukung liga bergulir tetapi dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, kami akan mendukung dengan memberikan bantuan swab test kepada PSSI. Selain itu, pertandingan harus tanpa dihadiri penonton di stadion. Tidak ada yang bisa menjamin keselamatan para penonton, ditakutkan terjadi kontak erat dengan salah satu orang yang terpapar COVID-19 yang hadir di stadion," tutur Doni.

Baca juga: PSSI kantongi izin Satgas Penanganan COVID-19 gulirkan liga

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambangi Kantor Satgas Penanganan COVID-19 pada hari ini, Rabu (22/7), siang. Dalam kunjungannya, Iriawan didampingi beberapa pejabat PSSI dan petinggi operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) termasuk sang direktur utama Akhmad Hadian Lukita.

Selain berkoordinasi soal kompetisi, PSSI juga memberikan bantuan 1.200 alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis dan pihak-pihak yang membutuhkan.

PSSI resmi memutuskan Liga 1, 2 dan 3 Indonesia musim 2020 bergulir kembali mulai Oktober 2020 melalui surat keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi dalam Keadaan Luar Biasa tahun 2020 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada 27 Juni 2020.

Perhelatan sepak bola nasional ini akan diawali dengan berlangsungnya lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 mulai 1 Oktober 2020 dan dijadwalkan berakhir pada 28 Februari 2021.

Baca juga: PSSI resmi putuskan Liga 1, 2, dan 3 bergulir mulai Oktober 2020
Baca juga: LIB kebut penyelesaian teknis lanjutan liga
Baca juga: PSSI ingatkan suporter tak datang ke stadion
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020