Ketua MPR dorong Komite rumuskan kebijakan meringankan beban pedagang

Ketua MPR dorong Komite rumuskan kebijakan meringankan beban pedagang

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA/HO-Humas MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional segera merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat untuk memulihkan ekonomi nasional sekaligus meringankan beban pedagang.

Bamsoet dalam keterangan tertulis merespons isu aktual, yang diterima di Jakarta, Kamis, menyatakan perlu mendorong Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional segera merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat untuk memulihkan ekonomi nasional, sehingga dapat memudahkan dan meringankan beban pelaku usaha.
Baca juga: Bamsoet dorong Pemerintah kaji mendalam pembubaran 19 lembaga lain

Dia mendorong Pemerintah dapat memberikan pembiayaan modal kerja ke koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) dan memastikan pemberian biaya tersebut dapat meningkatkan usaha dan penghasilan pelaku UMKM.

Bamsoet juga mendorong Pemerintah menyalurkan pemberian modal kerja langsung melalui Induk Koperasi Pasar (Inkoppas), agar anggaran dapat cepat berputar dan dimanfaatkan langsung oleh pelaku usaha.

Lebih jauh, dia mengingatkan Pemerintah agar setiap kebijakan yang ditetapkan dapat mendorong terhadap bangkitnya UMKM dan kebijakan tersebut dapat mencegah berlanjutnya gelombang PHK.
Baca juga: MPR: Kerja Komite Penanganan COVID-19 jangan bertentangan lembaga lain
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020