Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar berharap isu perombakan kabinet (reshuffle) dapat membuat para Menteri lebih bekerja keras merealisasikan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hendaknya isu reshuffle ini sebagai pelecut atau peringatan supaya menteri-menteri bekerja keras, kalau enggak bisa diganti. Makanya harus bekerja keras," kata Cak Imin ketika ditemui wartawan di Jakarta, Kamis.

Menurut Cak Imin, isu perombakan kabinet memang perlu dilakukan Presiden Jokowi. Namun ia berharap perombakan itu tidak menimpa tiga Menteri dari kader PKB.

Tiga menteri itu di antaranya Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

"Saya hanya kepada Tuhan, moga-moga tidak terjadi," kata Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Cak Imin pun mengaku sampai hari ini belum mendengar ada pembicaraan tentang isu perombakan kabinet menyentuh kader PKB.

Baca juga: Cak Imin targetkan 70 persen kemenangan dalam Pilkada 2020

Sebelumnya, Cak Imin mengatakan bahwa momentum Hari Lahir (Harlah) ke-22 PKB pada Kamis ini adalah momentum menata ulang cara kerja pendekatan baru untuk merancang strategi pembangunan yang mengoreksi mutu pendidikan dan mewujudkan kedaulatan pangan.

Dua hal itu disampaikan Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, dalam tasyakuran Harlah ke-22 PKB, di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta.

"Kepada legislator PKB, kepada eksekutif PKB, gerakkan semua itu dalam kerangka reevaluasi, reorientasi, reformulasi kebijakan, keputusan, strategi baru di dalam pembangunan nasional kita," ujar Cak Imin.

Ia mendorong kader-kader PKB dapat melakukan pendekatan upaya maksimal di level eksekutif maupun legislatif agar membantu Presiden Jokowi mewujudkan kedaulatan pangan dan mengoreksi mutu pendidikan nasional.

Dalam acara tersebut, Cak Imin menyapa Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang hadir sebagai salah satu kader PKB. "Enggak ada yang tahu kalau beliau ini kader PKB," kata Cak Imin.

Baca juga: Cak Imin harap Mendikbud temui NU dan Muhammadiyah cari solusi

Turut disapa pula Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Mantan Menteri Ketenagakerjaan periode 2014-2019 Hanif Dhakiri, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurizal, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza, serta Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020