Kemarin, SPDP Prasetijo terbit hingga Kejagung ambil alih pemeriksaan

Kemarin, SPDP Prasetijo terbit hingga Kejagung ambil alih pemeriksaan

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada Kamis (23/7) yang masih menarik untuk dibaca hari ini, mulai dari SPDP Brigjen Prasetijo terbit hingga Kejaksaan Agung ambil alih pemeriksaan terhadap Kajari Jaksel.

1. SPDP Brigjen Prasetijo terbit, dugaan pidana pemalsuan surat

Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap Brigjen Pol Prasetijo Utomo terkait dugaan tindak pidana pemalsuan surat, telah keluar. SPDP bernomor B/106.4a/VII/2020/Ditipidum itu ditujukan kepada Jaksa Agung, dan ditandatangani oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo tertanggal 20 Juli 2020.

Baca selengkapnya di sini

2. Jawa Timur tertinggi pelanggaran lalu lintas

Kepala Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Istiono, mengatakan, wilayah dengan tingkat pelanggaran lalu-lintas tertinggi di Indonesia adalah Jawa Timur, disusul Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Tingkat pelanggaran lalu-lintas itu, kata dia, seiring dengan angka kecelakaan.

Baca selengkapnya di sini

3. Penyidik akan telusuri kemungkinan dugaan aliran dana Djoko Tjandra

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Komisaris Besar Polisi Ahmad Ramadhan, mengatakan, tidak menutup kemungkinan penyidik akan menelusuri dugaan aliran dana dari buronan Djoko Tjandra terkait surat jalan yang dikeluarkan bekas Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Prasetijo Utomo.

"Nanti pasti berkembang terus (menelusuri dugaan aliran dana Djoko Tjandra)," kata Ramadhan.

Baca selengkapnya di sini

4. Jaksa periksa Dirkeu Evio dalam kasus korupsi pembiayaan Danareksa

Jaksa penyidik Kejaksaan Agung memeriksa Direktur Keuangan PT. Evio Sekuritas Febrian Sjukri sebagai saksi dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) pada kasus korupsi pemberian fasilitas pembiayaan dari PT. Danareksa Sekuritas kepada PT. Evio Sekuritas dan PT Aditya Tirta Renata periode 2014-2015.

Febrian diperiksa karena posisinya sebagai pengurus perusahaan sehingga dianggap ada kaitannya dengan proses penyaluran dana dari PT. Evio Sekuritas maupun PT. Aditya Tirta Renata yang didalamnya ada peran tersangka Rennier.

Baca selengkapnya di sini

5. Kejagung ambil alih pemeriksaan terhadap Kajari Jaksel

Kejaksaan Agung mengambil alih pemeriksaan yang dilakukan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta terhadap Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan yang diberitakan bertemu dengan Anita Kolopaking, pengacara terpidana Djoko Soegiarto Tjandra.

"Pemeriksaannya diambil alih oleh Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono.

Baca selengkapnya di sini
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020