Kemarin, Presiden tes kesehatan hingga penambahan kesembuhan COVID-19

Kemarin, Presiden tes kesehatan hingga penambahan kesembuhan COVID-19

Presiden Joko Widodo melaksanakan sholat Jumat di Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat siang. Sholat Jumat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. ANTARA/ Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari Presiden Joko Widodo menjalani tes kesehatan termasuk tes usap, hingga penambahan pasien COVID-19 yang sembuh lebih banyak daripada penambahan konfirmasi positif.

1. Presiden Jokowi jalani tes kesehatan termasuk usap

Presiden Joko Widodo menjalani tes kesehatan termasuk tes usap sebagai jadwal rutin pemantauan kesehatan yang selama ini diperhatikan dengan ketat.

"Khusus Presiden dilakukan rutin, dan hari ini secara kebetulan jadwal Bapak Presiden melakukan tes kesehatan dan mungkin termasuk swab, dan lain-lain," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Jumat

2. Positif COVID-19 bertambah 1.761, sembuh bertambah 1.781

Laporan harian COVID-19 yang dirilis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Jakarta menunjukkan hingga Jumat pukul 12.00 WIB penambahan konfirmasi positif mencapai 1.761 kasus, sedangkan kasus sembuh juga bertambah 1.781 orang.

Dengan penambahan itu, maka total konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia menjadi 95.416 kasus dan kasus sembuh menjadi 53.945 orang.

3. Waspadai peningkatan aktivitas gempa Sesar Matano, Luwu Timur

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terkait dengan aktivitas gempa bumi di Sesar Matano, Sorowako di Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan selama dua hari terakhir.

"Dengan meningkatnya aktivitas gempa di Segmen Matano dan Pamsoa terkini, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan. Gempa kuat dapat terjadi kapan saja dan belum dapat diprediksi secara akurat kapan terjadinya," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami (BMKG) Daryono di Jakarta, Jumat.

4. Wali Kota Banda Aceh minta perhotelan maksimalkan protokol kesehatan

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta sektor perhotelan atau penginapan yang ada di ibu kota Provinsi Aceh itu dapat memaksimalkan penerapan protokol kesehatan dalam upaya mencegah COVID-19.

"Implementasi protokol kesehatan di hotel dan restoran perlu diperkuat dan ditingkatkan, serta dijaga kedisplinannya," kata Aminullah di Banda Aceh, Kamis (23/7).

5. Mendagri klarifikasi pernyataan penanganan jenazah COVID-19

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melakukan klarifikasi pernyataan terkait penanganan jenazah COVID-19 dalam kegiatan webinar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang menurutnya telah dipotong.

"Saya sampaikan jenazah COVID-19 secara teori seyogyanya dibakar agar virusnya juga mati. Tetapi belum tentu sesuai dengan akidah atau keyakinan agama tertentu, seperti saya seorang Muslim," kata Mendagri Tito Karnavian usai shalat Jumat di Masjid Taya Al Fatah, Ambon. (T.D018)
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020