Jakarta (ANTARA) - Saat sedang mabuk alkohol dan obat-obatan, Johnny Depp akan berubah jadi kasar, alter ego yang ia sebut "Si Monster", dan melampiaskannya kepada Amber Heard, kata pengacara di pengadilan London, Senin.

Johnny Depp menggugat surat kabar dan jurnalis Dan Wootton untuk sebuah artikel di situs web The Sun yang menggambarkannya sebagai "pemukul istri."

Depp dan Heard telah memberikan bukti di persidangan selama beberapa hari. Depp mengatakan dia tak pernah kasar kepada Heard, atau perempuan lain, menuduh mantan istrinya berbohong. Heard menceritakan beberapa insiden di mana Depp disebut melakukan kekerasan fisik.

Merangkum pembelaan untuk News Group Newspapers dan Wootton, yang mengatakan tuduhan memukul istri itu benar, pengacara Sasha Wass mengatakan gaya hidup Depp yang menggunakan obat-obatan dan alkohol adalah latar belakang perilakunya yang kasar.

Dia mengatakan, relevansi penyalahgunaan zat terlarang itu berujung pada "perubahan suasana hati yang tidak rasional dan pola perilaku abnormal", dan ini artinya ingatan mengenai kekerasannya sendiri tidak sempurna.

Wass, yang menggambarkan Depp sebagai "pencandu putus asa" yang tak bisa mengontrol diri, mengatakan sang aktor menyadari dirinya bisa meledak-ledak, mengutip dari surel yang dikirimkan ke Elton John pada 2012.

Dalam surel yang ditulis ketika dirinya dalam kondisi sadar, Depp berterimakasih kepada John atas bantuannya menghapus kebiasaan mengonsumsi obat-obatan, juga mengatakan bebas dari zat tersebut membantunya mengalahkan "Si Monster", alter ego yang berisiko menguasainya.

Wass mengatakan, dengan menuduh Heard melakukan kekerasan fisik, dia berusaha membalikkan peran pelaku dan korban. Ketika Depp dituduh memukul Heard, dia menuduh mantan istri yang memukulnya, dan ketika Depp dituduh sebagai pencandu, dia menuduh Heard sebagai pengguna narkoba akut.

Dilansir Reuters pada Senin, Wass menambahkan Depp juga berusaha menyebarkan metode kuno untuk mendiskreditkan perempuan, dengan menggambarkan Heard sebagai perempuan mata duitan dan tukang selingkuh.

Dia mengatakan, Heard membantah telah berselingkuh, dan hal itu tidak relevan. Dia juga mengemukakan, Heard adalah aktris sukses yang mandiri secara finansial.

Pengacara Depp, David Sherborne, akan menyampaikan argumen penutup pada Selasa.


Baca juga: Daftar testimoni Amber Heard versus Johnny Depp di persidangan

Baca juga: Amber Heard bilang dia cinta Johnny Depp saat tak dipengaruhi obat

Baca juga: Amber Heard beberkan kekerasan yang dilakukan Johnny Depp

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020