Tadi sudah dilaksanakan juga serentak di Jakarta Utara, Selatan dan sekarang di Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Batalyon Bhara Daksa Akpol 1991 menggelar bakti sosial berupa pembagian 25.600 paket sembako dan modal usaha bagi masyarakat terdampak langsung pandemi COVID-19 yang tersebar di 34 Polda di Indonesia.

"Pelaksanaan kegiatan baksos ini adalah bukti kepedulian kami terhadap masyarakat Indonesia. Kami menyadari bahwa peran Polri sangat dibutuhkan dalam masa pandemi COVID-19. Oleh karena itu kami harus berperan aktif, salah satunya adalah melakukan kegiatan baksos," kata Ketua Alumni Akpol 1991 Irjen Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Senin.

Baca juga: Komite COVID-19 pastikan penyaluran bantuan modal kerja tepat sasaran

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono memimpin langsung kegiatan baksos 29 tahun pengabdian Akpol 1991 kepada warga asli Papua yang berada di Jakarta. Tercatat sembako sebanyak 1.000 paket diberikan di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Argo menyampaikan di tengah situasi pandemi COVID-19 krisis kesehatan dan ekonomi adalah faktor yang harus diselamatkan. Oleh karena itu Batalyon Bhara Daksa ingin membantu pemerintah guna meringankan beban masyarakat.

Baca juga: Alumni Akabri 1988/W 84 beri bantuan untuk warga terdampak COVID-19

"Tadi sudah dilaksanakan juga serentak di Jakarta Utara, Selatan dan sekarang di Jakarta Barat," kata Argo.

Secara terpisah, Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Syahardiantono yang juga Alumni Akpol 1991 memimpin penyerahan 1.000 paket sembako bagi warga di Jakarta Utara.

Baca juga: Australia serahkan 100 ventilator untuk Indonesia tangani COVID-19

Syahar mengatakan bantuan sosial berupa sembako ini diberikan sebagai komitmen anggota Polri khususnya Akpol 1991 untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Di tempat lain, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo memimpin penyaluran 1.600 paket sembako yang dibagi dua yaitu di Polres Metro Jakarta Selatan dan Polres Jakarta Timur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus yang juga Akpol 1991 menyampaikan baksos ini diperuntukkan warga yang terdampak langsung pandemi COVID-19.

Selain itu, anggota Polri yang juga terdampak pandemi COVID-19 juga mendapat bantuan ini.

Yusri berharap lewat penyaluran baksos ini dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Ini bentuk Alumni Akpol 1991 peduli kepada masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif sehingga masyarakat bisa tetap produktif di tengah pandemi COVID-19," kata Yusri.

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini juga dalam rangka memperingati HUT Alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa yang ke-29 yang jatuh pada Senin 27 Juli 2020 dengan mengusung tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif".

Total bantuan paket sembako yaitu 25.600 dan 10 gerobak untuk usaha serta 1 ekor sapi yang dibagikan di 34 Polda seluruh Indonesia.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020