Sorong (ANTARA) - Sebanyak 27 pasien positif COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat dinyatakan sembuh sehingga total jumlah pasien yang telah sembuh meningkatkan menjadi 98 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Selasa, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel pada Laboratorium Rumah Sakit Rujukan Kampung Baru Sorong sebanyak 27 orang dinyatakan sembuh dan 12 orang diantaranya tenaga kesehatan RSUD Sele be Solu Kota Sorong.

Dia mengatakan hari ini pula telah terjadi penambahan satu pasien positif, sehingga total jumlah pasien positif COVID-19 meningkatkan menjadi 164 orang.

Menurut dia, hingga 28 Juli 2020 jumlah orang tanpa gejala (OTG) yang dipantau sebanyak 520, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dipantau sebanyak 39 orang, dan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 12 orang yang sedang dalam perawatan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Kota Sorong meningkat menjadi 153 orang

Baca juga: 23 tenaga kesehatan di Kota Sorong positif COVID-19


Total keseluruhan warga kota Sorong yang telah diperiksa sampel sebanyak 1.803, terbanyak di Papua Barat. Dari hasil pemeriksaan sampel tersebut sebanyak 1.083 negatif dan 164 positif COVID-19.

Rudy menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada tim medis dan gugus tugas yang telah bekerja keras sehingga pasien positif virus Corona tersebut meningkat menjadi 98 orang.

Dikatakannya, transmisi atau penyebaran lokal telah terjadi di kota Sorong sehingga diimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona adalah tanggung jawab bersama. Rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," kata dia.*

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Kota Sorong mencapai 129 orang

Baca juga: Bantu warganya pulang, Kolombia apresiasi GTPP COVID-19 Kota Sorong

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020