Tegal (ANTARA News) - Sebuah truk boks bernopol AA 1602 AH menabrak sepeda motor bernopol G 5662 BZ dan rumah di Jalan Raya Desa Harjo Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengakibatkan seorang tewas, dua luka-luka, Selasa.

Korban meninggal pada kecelakaan tersebut bernama Ika Fitriningrum (24) warga setempat yang mengendarai sepeda motor.

Ariyo (29), saksi mata mengatakan, kejadian yang berlangsung pukul 12:45 WIB itu berawal saat truk yang dikemudikan Alex Saparianto (35) warga Martoloyo, melaju dari utara (Tegal) ke selatan (Slawi) menghindari sepeda di depannya.

"Karena upaya menghindari itu, rupanya truk terlalu oleng ke kanan, sehingga menabrak sepeda motor Honda Supra yang dikendarai Ika Fitrianingrum (24) warga setempat yang tengah melaju dari lawan arah," katanya.

Usai truk menabrak sepeda motor, katanya, juga menabrak rumah, karena laju truk tidak dapat terkontrol.

Menurutnya, rumah milik Karnadi (35) itu hancur bagian teras depannya berikut atapnya menimpa sepeda motornya Honda G 4527 G yang tengah diparkir.

"Pengendara sepeda motor terluka parah dan segera dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Islam (RSI) Muhamadiah Slawi," katanya.

Karnadi, pemilik rumah, mengatakan, saat kejadian itu keluarganya sedang berada di ruang tengah, semuanya kaget begitu tiba-tiba truk menabrak rumah, sehingga seluruh anggota keluarga kontan berhamburan keluar menyelamatkan diri.

"Kami sangat kaget, karena tiba-tiba sebuah truk boks menabrak rumah dan kami pun segera menyelamatkan diri," katanya.

Ia mengatakan, pihak keluarga merasa masih beruntung, karena dalam peristiwa itu seluruh anggota keluarga selamat dan tak satu pun yang mengalami luka.

Petugas Polres Tegal yang tiba di lokasi kejadian segera melarikan Ika ke rumah sakit terdekat mengingat kondisinya kritis.

Menurut dr Nur Hidayat, petugas IGD RSI Muhamadiah, Ika tewas saat perjalanan ke rumah sakit, karena mengalami luka serius dan juga patah tulang di kaki dan tangan.

"Korban tewas sebelum tiba di rumah sakit. Dalam pemeriksaan kami, korban mengalami cedera kepala berat, patah tulang tangan dan kaki serta beberapa bagian tubuhnya juga robek," katanya.

Petugas juga membawa sopir truk dan kernetnya ke Mapolres Tegal guna dimintai keterangan. Selain itu, sepeda motor milik Ika juga dibawa petugas untuk diamankan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tegal AKP Valent Asmoro, mengatakan, berdasarkan penyelidikan, kecelakaan bukan diakibatkan karena lalainya supir akibat mengantuk.

"Supir mencoba menghindari sepeda yang melaju searah, rupanya truk terlalu oleng ke kanan, sehingga mengakibatkan truk menabrak sepeda motor dan rumah," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009