Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) bersama pemangku kepentingan mengampanyekan perjalanan aman dan selamat dalam era normal baru yang bertajuk “Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience” di 19 bandara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan Safe Travel Campaign diselenggarakan pada 29 Juli – 4 September 2020 sekaligus menjadi deklarasi seluruh pemangku kepentingan menjaga bandara AP II siap dalam menghadapi tantangan COVID-19.

Awaluddin secara simbolis meluncurkan Safe Travel Campaign secara daring bersama Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta Herson, Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan Mohammad Alwi dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Dadun Kohar, serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan Anas Ma’ruf.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta sediakan jalur khusus pemegang hasil tes PCR

Peluncuran kampanye ini juga diikuti oleh TNI/Polri, AirNav Indonesia, pihak ground handling, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, maskapai, operator kereta bandara, operator transportasi darat dan seluruh tenant.

Di dalam peluncuran kampanye, Awaluddin mengatakan Safe Travel Campaign bertujuan mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi normal baru, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan pelancong untuk bepergian dengan pesawat.

Guna mencapai tujuan-tujuan tersebut, protokol kesehatan di bandara AP II fokus pada 5 inisiatif.

“Kelima Inisiatif itu adalah physical distancing (jaga jarak), ‘health screening’ (pemeriksaan kesehatan), ‘touchless processing’ (proses yang nirsentuh), ‘facility cleanliness & sanitizing (kebersihan fasilitas) dan people protection (perlindungan pengunjung). Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik,” katanya.

Baca juga: Ini prosedur penerbangan luar negeri saat pandemi via Soekarno-Hatta

Dia menambahkan melalui protokol kesehatan, diikuti dengan kolaborasi erat pemangku kepentingan, serta tersedianya berbagai fasilitas teknologi digital, hingga tersebarnya fasilitas yang mendukung aspek kesehatan di bandara, AP II ingin memastikan perjalanan dengan pesawat itu mudah, praktis, nyaman dengan tetap aman, di tengah status pandemi agar stabilitas perekonomian tetap berlangsung baik.

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan Safe Travel Campaign yang dicanangkan hari ini merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan dari regulator menyusul kemudahan regulasi yang telah diberikan.

“Perlu berbagai aksi nyata dalam penegakan protokol kesehatan dan kesadaran tinggi terhadap aspek keselamatan,” katanya.

Kepala Otoritas band Bandara Soekarno-Hatta Herson mengatakan regulator telah menetapkan protokol untuk mencegah penyebaran COVID-19 di sektor penerbangan.

“Protokol itu harus dipenuhi oleh setiap pemangku kepentingan agar penerbangan dapat tetap aman dan mencegah penyebaran COVID-19,” jelas Herson.

Kepala KKP Kemenkes Anas Maruf menuturkan, “Safe Travel Campaign” akan membuat personel KKP Kemenkes di Soekarno-Hatta semakin sigap menghadapi adaptasi kebiasaan baru di sektor penerbangan.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B Prawiraatmadja mengatakan sektor penerbangan perlu memberikan kepercayaan kepada traveler mengenai amannya penerbangan melalui berbagai protokol pencegahan COVID-19.

“Kami menduking Safe Travel Campaign yang dicanangkan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Hal ini sejalan dengan upaya sektor penerbangan kembali bangkit agar dapat semakin optimal menjadi penggerak pemulihan perekonomian nasional,” katanya.

Direktur Operasi dan layanan AP II Muhamad Wasid menuturkan penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area bandara mulai dari area keberangkatan (security check point, check-in area, boarding lounge, garbarata), lalu area kedatangan (baggage claim, lobby kedatangan, curb side), kemudian area moda transportasi darat, serta fasilitas lain seperti ATM center, trolly, escalator/travellator, kargo, dan pembersihan jalan menggunakan mobil damkar.

“Secara simbolis dalam rangka pencanangan Safe Travel Campaign, dilakukan penyemprotan disinfektan di 19 bandara. Setiap harinya sejak beberapa bulan lalu kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan di area-area tersebut dan akan terus berlanjut,” ujar Muhamad Wasid.

AP II juga memberikan 5.000 masker kain 3 ply gratis di 19. Berbagai perlengkapan APD yang digunakan personel bandara juga diperkenalkan kepada pengunjung bandara.

Selain itu, bandara-bandara AP II seperti Bandara Soekarno-Hatta dan lainnya juga melakukan tes cepat terhadap para karyawan.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020