23 PMI positif COVID-19 di Batam

23 PMI positif COVID-19 di Batam

Sejumlah tenaga kerja Indonesia menjalani pemeriksaan kesehatan saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre beberapa waktu lalu. (M N Kanwa)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 23 orang pekerja migran Indonesia yang baru tiba dari Malaysia dan Singapura di Kota Batam Kepulauan Riau dinyatakan positif COVID-19.

"Sehubungan dengan kedatangan PMI di Batam melalui pelabuhan laut Batam Centre yang berasal dari negara Malaysia dan Singapura, dilakukan tindakan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan pada Selasa (28/7) terhadap pekerja yang datang tersebut," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Muhammad Rudi, dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat.

Dari 54 orang PMI yang menjalani pemeriksaan swab tenggorokan, 23 orang di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Pasien reaktif COVID-19 meninggal dunia di RSUD Nagan Raya Aceh

Data PMI tersebut tidak dimasukkan dalam data COVID-19 Kota Batam.

Sementara itu, pihak Kantor Pelabuhan Kelas I Batam masih enggan memberikan keterangan terkait pemeriksaan swab terhadap PMI tersebut.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam juga belum memberikan detil penanganan PMI selama berada di kota setempat.

Sementara itu, selain 23 orang PMI, Gugus Tugas Batam juga menyampaikan tambahan 25 orang terkonfirmasi positif COVID-19, yang merupakan warga daerah setempat.

Dengan begitu, total warga yang positif COVID-19 sebanyak 314 orang, 252 orang sembuh, 14 meninggal dan lainnya masih di rawat di sejumlah rumah sakit, di luar data PMI yang dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: Tiga kasus positif COVID-19 bertambah di Kaltara
Baca juga: Kasus positif COVID-19 di DIY bertambah 64
Baca juga: Seorang pembina dan satu santri Ponpes Parabek Agam positif COVID-19
Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020