Karawang (ANTARA) - Rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta diperpanjang menyusul semakin meningkatnya arus lalu lintas di jalan tol tersebut pada arus balik liburan Hari Raya Idul Adha, Ahad.

Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, dalam siaran persnya yang diterima di Karawang, Ahad, menyampaikan, contraflow diperpanjang karena volume kendaraan yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek terus meningkat.

Rekayasa lalu lintas semula diberlakukan di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Jakarta mulai dari Kilometer 65 sampai Kilometer 47.

Kemudian memasuki malam hari, contraflow diperpanjang mulai dari Kilometer 69 hingga Kilometer 47.

Baca juga: Petugas lakukan "contraflow" atasi kepadatan Tol Jakarta-Cikampek

Baca juga: Lokasi contraflow Cawang digeser karena terhalang truk bermasalah


Petugas melakukan contraflow karena volume kendaraan semakin meningkat saat memasuki Ahad malam. Diharapkan diberlakukannya contraflow dapat mencairkan kepadatan di titik pertemuan arus jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta.

Selain itu, contraflow juga diterapkan dengan tujuan mengurangi kepadatan di titik-titik menjelang rest area seperti rest area Kilometer 62 dan Kilometer 52.

Menurut dia, pemberlakuan lawan arus merupakan diskresi pihak kepolisian. Jasamarga hanya mendukung kelancaran dengan menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Kepadatan arus lalu lintas tidak hanya di jalan tol arah Jakarta. Jalan Arteri Cikampek-Karawang juga dipadati kendaraan roda dua dan mobil pribadi.*

Baca juga: Jasa Marga berlakukan contraflow Tol Cibitung arah Jakarta

Baca juga: Jasa Marga terapkan "contraflow" di KM 65-47 Tol Japek arah Jakarta

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020