Menpora: penunjukan manajer timnas Piala Dunia U-20 wewenang PSSI

Menpora: penunjukan manajer timnas Piala Dunia U-20 wewenang PSSI

Menpora Zainudin Amali. ANTARA/HO-Humas Kemenpora/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan penunjukan manajer Tim Nasional (timnas) Indonesia untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021 sepenuhnya wewenang dari PSSI sehingga pihaknya tidak akan ikut campur.

"Itu kewenangan PSSI yang diberikan tanggung jawab untuk prestasi timnas. Jadi silakan PSSI yang menentukannya," kata Zainudin Amali di Jakarta, Senin.

Politikus Partai Golkar itu menggarisbawahi bahwa pemerintah memberikan kebebasan kepada PSSI melakukan persiapan pembentukan tim nasional untuk Piala Dunia U-20 termasuk penunjukan seorang manajer.

Hal tersebut terjadi karena antara pemerintah dalam hal ini Kemenpora dengan PSSI sudah ada pembagian kerja yang jelas dalam pelaksanaan kejuaraan yang bergengsi ini. 

Baca juga: Ketum PSSI sementara jabat manajer timnas U-19
Baca juga: PSSI : Shin Tae-yong pilih semua pemain tim nasional

"Dari awal pembagiannya jelas, kami dari pemerintah mengurus penyelenggaraan sementara soal timnas itu urusan federasi dan penanggung jawabnya adalah Ketua Umum PSSI," kata Zainudin Amali menambahkan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, Rabu (29/7) menyatakan dirinya sementara menjabat sebagai manajer tim nasional U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 hingga Keputusan Presiden (Keppres) tentang kepanitiaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 ditandatangani Presiden Joko Widodo.

"'Draft' Keppres sedang dibuat dan sementara belum ada turunan untuk posisi manajer. Jadi saya tangani dahulu. Nanti kalau sudah ada saya akan menyerahkan kepada yang bersangkutan," kata Iriawan.

Keppres tentang kepanitiaan Piala Dunia U-20 (Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee/INAFOC) masih terus digodok oleh pemerintah dan PSSI. Nantinya, di dalam struktur kepanitiaan tersebut ada nama manajer timnas untuk Piala Dunia U-20.

Timnas U-19 sendiri saat ini mulai menjalani rangkaian pemusatan latihan (TC) di Jakarta, 23 Juli-8 Agustus. TC yang juga diikuti timnas senior Indonesia tersebut dipimpin langsung oleh manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Baca juga: Menpora: Inpres sarana dan prasarana Piala Dunia U-20 segera rampung
Baca juga: Latihan timnas ditunda karena tunggu hasil "swab test" COVID-19
Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020