PB PASI panggil 15 atlet pelatnas kembali latihan 10 Agustus

PB PASI panggil 15 atlet pelatnas kembali latihan 10 Agustus

Lalu Muhammad Zohri (tengah) ketika mengikuti final lari nomor 200 meter U-20 di Kejuaraan Nasional Atletik U-18, U-20 dan Senior 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan kembali memulai program pemusatan latihan nasional pada 10 Agustus dengan memanggil sebanyak 15 atlet dan 11 pelatih untuk berlatih di Stadion Madya Senayan Jakarta, setelah sebelumnya sempat dihentikan pada bulan Maret akibat pandemi virus corona.

Dalam pelatnas ini, para atlet dan pelatih akan mengikuti protokol kesehatan yang telah dirumuskan PB PASI, termasuk sesuai dengan standar Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) yang mengharuskan peserta pelatnas menjalani uji PCR di Rumah Sakit Olahraga Nasional Cibubur.

"Para atlet akan datang dalam dua gelombang, gelombang pertama berisi 10 atlet dan lima orang sisanya di gelombang kedua. Untuk yang (datang) tanggal 10 mereka akan terlebih dulu diuji swab untuk memastikan kesehatanya. Jika hasilnya negatif bisa langsung latihan," ujar Direktur Pelatnas PB PASI Mustara Musa melalui pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Saat ini tim medis PB PASI masih berkoordinasi dengan RSON untuk persiapan pengujian bagi peserta pelatnas atletik gelombang pertama sebelum masuk ke Hotel Century pada 10 Agustus.

Baca juga: Swab test jadi syarat wajib PB PASI untuk gelar Pelatnas
Baca juga: PB PASI akan lakukan tes swab dan psikologi bagi atlet pelatnas

Tim medis PB PASI juga masih menanti kepastian apakah atlet yang akan kembali mengikuti pelatnas harus menjalani uji swab atau cukup dengan rapid test, mengingat fasilitas di RSON hanya tersedia peralatan untuk MCU/rapid test.

"Akan dikoordinasikan lagi dengan PPON dan PB PASI apakah akan melakukan 'rapid test' saja atau swab test sebagaimana ketentuan Surat Edaran Menpora yang mengharuskan swab test," katanya.

Sehubungan dengan hal itu, Mustara juga menyebutkan bahwa program latihan bagi atlet gelombang pertama dipastikan bisa langsung dimulai meski gelombang kedua belum datang ke pelatnas.

Baca juga: PB PASI segera panggil Lalu Zohri dkk ke Jakarta untuk gelar Pelatnas

"Untuk kedatangan gelombang Kedua menunggu perkembangan dan evaluasi dari atlet-atlet di gelombang pertama. Sementara kalau gelombang pertama semua negatif (COVID-19) bisa langsung mulai latihan," pungkas Mustara.

Berikut daftar atlet dan pelatih yang akan kembali mengikuti pelatnas atletik:
Atlet
1.Lalu Mohammad Zohri
2.Sapwaturrahman
3.Halomoan Edwin Binsar
4.Agus Prayogo
5.Hendro
6.Bayu Kertanegara
7.Emilia Nova
8.Alvin Tehupeiory
9.Odekta Elvina Naibaho
10.Adith Rico Pradana
11.Adi Ramli Sidiq
12.Wahyu Setiawan
13.Diva Renata Jayadi
14.Valentin Vanesa Lonteng
15.Nabilah Fafriliyani Ardiyansyah

Pelatih:
1.Eni Nuraini Martodiharjo
2.Arya Yuniawan Parwoko
3.Fitri Haryadi
4.Agung Mulyawan
5.Kikin Ruhuddin
6.Achmad Sakeh Sumarsono
7.Wita Witarsa
8.Erwin Renaldo Maspaitella
9.Agustinus Ngamel
10.Sainih
11.Siga Wino Wole

Baca juga: Kemenpora kucurkan dana Rp6,2 miliar untuk pelatnas atletik
Baca juga: Atletik Dunia keluarkan pedoman kesehatan baru selama pandemi
Baca juga: PB PASI dorong pelatih dan atlet beradaptasi di tengah pandemi
Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020