Jakarta Pusat targetkan kembali tata dua stasiun terintegrasi

Jakarta Pusat targetkan kembali tata dua stasiun terintegrasi

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kiri) melakukan swafoto bersama (dari kiri) Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo usai Peresmian Stasiun Terpadu di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/6/2020). Penataan stasiun terpadu ini sebagai langkah urban regeneration dengan melakukan penataan kembali kota Jakarta dalam pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (TOD) yang didukung oleh pembangunan di sektor transportasi umum terintegrasi di bawah Jak Lingko. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menargetkan kembali penataan dua stasiun terintegrasi setelah sebelumnya telah melakukan langkah serupa di empat stasiun, yaitu Juanda, Pasar
Senen, Sudirman dan Tanah Abang.

"Itu nanti akan ada lagi stasiun integrasi seperti Tanah Abang dan Juanda. Kita ada dua lokasi yang diusulkan, yaitu Palmerah dan Gondangdia," kata Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara di Kecamatan Menteng, Jumat.

Meski demikian hal itu baru berupa rencana karena Pemerintah Kota Jakarta Pusat saat ini menunggu respon terkait desain penataan kedua stasiun dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita sedang menunggu desain terkait penataan itu. Kemarin kita rapat di provinsi pun juga masih menunggu desain seperti apa," ujar Bayu.

Baca juga: Anies sebut revitalisasi empat stasiun terpadu habiskan Rp25 miliar
Baca juga: Empat stasiun KRL bertahap akan dijadikan stasiun terpadu

Bayu mengharapkan kedua stasiun itu dapat selesai ditata dan menjadi stasiun terintegrasi pada akhir tahun 2020 ini.

"Kita harapkan bisa selesai di tahun ini, karena kita menunggu perencanaan dan menunggu tim teknis nanti masing masing dinas punya tugas masing- masing kami tingkat dinas pun juga punya masing-masing. Kita tunggu desainnya baru pelaksanaan. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa selesaikan,"ujar Bayu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan empat stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) milik PT KCI yang menghubungkan layanan PT KCI dengan moda transportasi lainnya sehingga mempermudah warga Jakarta melakukan perpindahan saat menggunakan kendaraan umum.

Empat stasiun terintegrasi atau terpadu itu adalah Tanah Abang, Juanda, Pasar Senen dan Sudirman dengan biaya revitalisasi mencapai Rp25 miliar dan seluruhnya rampung pada pertengahan Mei 2020.
Baca juga: Erick Thohir akan resmikan stasiun terpadu di Jakarta
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020