ACT Jatim salurkan 1.000 beras untuk sedekah pangan

ACT Jatim salurkan 1.000 beras untuk sedekah pangan

Penyaluran lumbung sedekah pangan ACT Jatim. ANTARA/HO-ACT Jatim

Surabaya (ANTARA) - Organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Timur menyalurkan 1.000 ton beras, sebagai upaya menyukseskan gerakan nasional lumbung sedekah pangan (LSP) yang dilaksanakan serentak di empat kota di Jatim yakni di Surabaya, Malang, Madiun dan Jember.

Dipo Hadi Waskito selaku Program Implimentator ACT Jatim, Sabtu mengatakan, khusus di Surabaya kegiatan dilaksanakan di depan halaman kantor cabang ACT Jawa Timur, 212 Mart di kawasan Kendangsari, Masjid Al Qohar, Lidah Kulon dan Kampung Tahu, Gunungsari, Surabaya.

"Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi warga Surabaya, agar tergerak untuk ikut menyukseskan program lumbung sedekah pangan dan mampu melibatkan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Baca juga: ACT Madiun luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

Ia mengatakan, bentuknya bisa dengan turut serta membagikan sebagian rezekinya dengan membuat posko-posko lumbung di setiap perkampungan atau masjid.

"Sehingga, akan semakin masif membantu warga yang sangat membutuhkan bantuan pangan karena terdampak pandemi COVID-19 di Surabaya," katanya.

Program ini, kata dia, bisa melibatkan berbagai elemen warga mulai yang paling kecil di lingkungan rumah, hingga lingkungan yang lebih besar dan berbagai komunitas.

"Adapun bentuk bantuan kali ini berupa beras, minyak goreng, gula, sayur, lauk, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya," ujarnya.

Baca juga: ACT masifkan Lumbung Sedekah Pangan sebagai gerakan nasional

Hal senada juga disampaikan Ponco Sri Ariyanto selaku Head Area ACT Jawa Timur yang mengatakan jika gerakan nasional lumbung sedekah pangan ini membawa spirit gotong royong.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat saling membantu dan menolong saudara, tetangga atau siapapun yang sangat membutuhkan bantuan pangan karena terdampak pandemi yang sudah berlangsung selama 5 bulan lebih ini," ucapnya.

Menurutnya, masyarakat dipersilahkan untuk ikut mengisi gerai-gerai LSP yang telah disediakan disebar ke berbagai lokasi seperti di masjid-masjid, perkantoran, kampung-kampung.

"Nantinya berbagai bantuan pangan terbaik akan diambil oleh mereka yang sangat membutuhkan untuk menyambung kehidupannya sehari-hari," ujarnya.

Harapannya gerakan nasional lumbung sedekah pangan akan semakin banyak hadir di berbagai lokasi dan titik-titik simpul masyarakat yang ingin membantu maupun yang membutuhkan program ini.

"Masyarakat yang ingin membantu bisa menyerahkan sedekah terbaiknya baik tunai maupun natura secara langsung dengan datang ke kantor-kantor cabang ACT di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Madiun dan Jember atau di Posko-Posko lumbung sedekah pangan terdekat," katanya.

Baca juga: Lumbung Pangan Jatim diperpanjang hingga akhir 2020
Baca juga: Lumbung Pangan Jatim juara lomba inovasi daerah dari Kemendagri
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020