Jakarta (ANTARA) - Festival Film Sundance 2021 dipastikan akan berlangsung selama satu minggu saja, yakni dari 28 Januari hingga 3 Februari. Bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, festival film ini biasanya berlangsung selama 11 hari.

Dikutip dari Deadline, Minggu, Sundance juga dilaporkan akan memangkas kapasitas di bioskop menjadi 25 persen karena masalah keamanan COVID-19.

Penyelenggara festival tersebut juga meminta otoritas dari Park City, Utah, AS, untuk menyatakan persyaratan bahwa 70 persen acara diselenggarakan langsung di kota tersebut.

"Ini adalah keputusan yang sangat, sangat sulit bagi Sundance untuk mengurangi jejak dan kapasitasnya," kata Betsy Wallace, direktur pelaksana dan CFO Sundance Institute. "Ini akan menjadi tahun yang sulit."

Pada akhir Juni, Sundance mengumumkan rencananya untuk maju dan akan menjalankan program bioskop festival secara bersamaan di kota-kota tertentu di seluruh dunia, serta menayangkan sebagian besar programnya secara daring (online).

Sejumlah festival dan penganugerahan film lainnya juga membuat berbagai perubahan agar perhelatannya dapat terlaksana di tengah situasi pandemi global COVID-19.

Festival Film Toronto (TIFF) akan berlangsung 10-19 September 2020 akan memadukan acara luring (offline) terbatas dan daring (online experience), melalui kombinasi pemutaran fisik dan drive-in, pemutaran digital, karpet merah virtual, konferensi pers, dan pembicaraan seputar industri film.

Baca juga: Film dokumenter Taylor Swift tayang perdana di Sundance Film Festival

Baca juga: "Perempuan Tanah Jahanam" tembus Festival Film Sundance 2020


Festival Film Pendek Asia "Short Shorts Film Festival & Asia" salah satu festival film terbesar di Asia yang diadakan setiap tahun di Tokyo, akan berlangsung pada 16-27 September 2020 setelah ditunda selama tiga bulan.

Lalu, Festival Film Internasional Palm Springs (Palm Springs International Film Festival) telah mengumumkan bahwa perhelatannya yang ke-32 telah didorong mundur dan akan dilaksanakan pada 25 Februari hingga 8 Maret.

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) sebelumnya mengumumkan pada tanggal 15 Juni bahwa siaran Academy Awards ke-93 telah ditunda dua bulan hingga 25 April 2021.

British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Film Awards 2021 akan dihelat pada 11 April 2021.

Golden Globes mengumumkan bahwa pihaknya akan menunda acara penghargaannya di tahun 2021, mengikuti Academy Awards yang juga menunda perhelatan acara tersebut.

Perhelatan Golden Globes, yang mengawali musim penghargaan Hollywood, akan berlangsung pada 28 Februari setelah sebelumnya dijadwalkan pada minggu pertama Januari.

Sementara, Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-27 dikonfirmasi akan ditunda perhelatannya, dan dipastikan akan diselenggarakan pada 14 Maret 2021.

Baca juga: Palm Springs International Film Festival dihelat Februari 2021

Baca juga: Ethan Hawke bertransformasi jadi Nikola Tesla di film "Tesla"

Baca juga: Festival Sundance 2021 mungkin akan digelar virtual atau diundur

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020