Peringati HUT ke-59, Kakwarnas Pramuka pimpin ziarah ke TMP Kalibata

Peringati HUT ke-59, Kakwarnas Pramuka pimpin ziarah ke TMP Kalibata

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah, Mimie Mariatie Jaya S Monong bersama sejumlah pengurus Kwarcab dan Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Sepang berfoto bersama petugas Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Gumas di Kecamatan Sepang, Senin (18/5/2020). (FOTO ANTARA/HO-Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gumas).

Jakarta (ANTARA) - Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso memimpin acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan,  Minggu (9/8) 2020, dalam rangkaian Hari Pramuka ke-59.

"Kegiatan ini dalam rangkaian Hari Pramuka ke-59. Kwartir daerah di seluruh Indonesia juga mengadakan ziarah ke makam tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan kemajuan organisasi Gerakan Pramuka," katanyadalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Peserta acara dibatasi 50 orang dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Staf Kwarnas mengukur suhu pimpinan Kwarnas dan Kwartir Daerah (Kwarda) DKI Jakarta serta para anggota Pramuka penegak dan pandega yang akan masuk ke TMP Kalibata.

Ketua Kwarnas yang didampingi tiga wakil ketua, yakni Kingkin Suroso, Chairul Huda, dan Hasto Pratisto Yuwono, serta rombongan menaburkan bunga di 10 makam Pahlawan Revolusi. Setelah itu, mereka pergi ke makam mantan ketua Kwarnas Letnan Jenderal TNI (Purn) M. Sarbini, dan makam  Ibu Negara Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014 Ani Yudhoyono.

Pada saat yang bersamaan, pimpinan Kwarnas dan Kwarda DKI Jakarta melakukan ziarah ke tiga tempat pemakaman umum (TPU) di Jakarta. Wakil Ketua Kwarnas Jana T Anggadiredja memimpin acara di TPU Jeruk Purut, ke makam Soenardjo Atmodipurwo yang merupakan pencipta lambang Gerakan Pramuka, dan makam H Mutahar yang merupakan pencipta Hymne Pramuka.

Waka Kwarnas Yulius dan Ketua Kwarda DKI Jakarta Fajar Panjaitan memimpin acara di TPU Karet Bivak, pada makam Ibu Fatmawati, Mohammad Hoesni Thamrin dan Ismail Marzuki.

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Joko Mursitho memimpin acara di TPU Tanah Kusir dengan berkunjung ke makam Bung Hatta, dan Mayjen (Pur) Azis Saleh yang merupakan mantan sekretaris jenderal Kwarnas.

Pada Sabtu (8/8), Kwarnas Pramuka melaksanakan tabur bunga di Teluk Jakarta yang dipimpin Laksamana Muda TNI (Purn) Kingkin Suroso yang merupakan Waka Kwarnas bidang Saka, Sako dan Gugus Darma.

Upacara yang diikuti 50 pramuka penegak dan pandega dari Kwartir Cabang Jakarta Utara dan Saka Bahari itu berlangsung di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Leuser 924. KRI ini memiliki semboyan: "Satya Bhakti Wicaksana", yang berarti :Setia Sampai Mati".

Pimpinan Kwarda Pramuka Jawa Tengah melakukan ziarah ke makam Jenderal Besar (Purn) Soeharto dan Tien Soeharto di Astana Giribangun Meteseh, Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (8/8). Sementara itu pimpinan Kwarda Sulawesi Tenggara melaksanakan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan Watubangga Kendari.

Baca juga: Pramuka tekankan disiplin dan hidup bersih hadapi COVID-19

Baca juga: Pengurus lama Pramuka bantah Buwas soal penguasaan aset

Baca juga: Prajurit TNI ajarkan latihan penyelamatan anggota Pramuka di Serui

Baca juga: Tokoh: Pramuka jadi agen perubahan lingkungan hadapi pandemi COVID-19
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020