Menhub harap penataan Stasiun Pondok Ranji rampung sebelum April 2021

Menhub harap penataan Stasiun Pondok Ranji rampung sebelum April 2021

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama JRP Trisna Muliadi melakukan Groundbreaking New Image dan Peningkatan Aksesibilitas Stasiun Pondok Ranji, Senin (10/8). (KAI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan penataan Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten, rampung sebelum April 2021 agar manfaatnya bisa segera dirasakan oleh warga di wilayah itu yang bekerja di ibu kota.

“Saya harapkan proyek ini bisa berjalan lancar. Dan kita harus berjanji sebelum April sudah selesai,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada peletakan batu pertama peningkatan aksesibilitas Stasiun Pondok Ranji, Senin.

Ia menuturkan saat ini masyarakat Kota Tangerang Selatan banyak yang bekerja dan beraktivitas di wilayah DKI Jakarta dengan lebih banyak memilih menggunakan KRL di Stasiun Pondok Ranji, sehingga stasiun tersebut menjadi yang terpadat.

Baca juga: KAI-Adhi Commuter Properti luncurkan hunian terkoneksi multimoda

Menurut data, pada masa PSBB Transisi rata-rata volume penumpang harian di stasiun itu sebanyak 3.546 penumpang dan bahkan pada masa normal jumlahnya mencapai rata-rata 10.892 penumpang per hari.

“Animo masyarakat terhadap moda KRL ini perlu diimbangi dengan peningkatan pelayanan di semua lini," ujar Menhub Budi Karya.

Menhub mengaku optimistis dengan kolaborasi pemerintah, BUMN, dan swasta, dalam membangun infrastruktur transportasi, maka proses pembangunan akan lebih mudah dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik.

Baca juga: Pengembang diharapkan bisa manfaatkan modernisasi Stasiun Cisauk

“Selain itu penataan dan pengembangan stasiun ini akan menjadi awal yang baik untuk mendorong minat masyarakat dalam menggunakan angkutan umum dalam mobilitas sehari-hari sehingga membantu mengurangi kepadatan lalu lintas dari Kota Tangerang Selatan ke ibu kota dan sebaliknya,” ujar Menhub Budi Karya.

Pihaknya sudah rencanakan nantinya stasiun-stasiun lain juga akan dikembangkan dengan konsep serupa dengan konsep integrasi antarmoda.

“Saat ini kita sedang mengembangkan Staisun Manggarai, Stasiun Jatinegara, serta Stasiun Bekasi, dan lainnya, dan semua itu tentu sudah mengusung konsep integrasi dan kemudahan aksesibilitas,” kata Menhub.

Baca juga: Tingkatkan layanan, fasilitas Stasiun Pondok Ranji dikembangkan
Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020