Dubes RI untuk Lebanon: Islam telah ajarkan manajemen hidup modern

Dubes RI untuk Lebanon: Islam telah ajarkan manajemen hidup modern

Dubes RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari dalam khutbah taaruf secara virtual yang diselenggarakan SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang.  (ANTARA/HO - SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang)

Magelang (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari mengatakan Islam telah mengajarkan manajemen hidup modern yakni berupa anjuran untuk menjalin kerja sama antara pihak yang satu dan yang lainnya dalam usaha-usaha kebaikan dan kemaslahatan.

"Dalam Al Quran Surat Al Maidah ayat 2 dianjurkan pentingnya melakukan tolong-menolong dalam kebaikan dan taqwa dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran," katanya dalam keterangan pers yang diterima di Magelang, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam kegiatan khutbah ta'aruf secara virtual yang diselenggarakan SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang.

Baca juga: Penelitian UI: Pancasila terbaik dan final bagi Muhammadiyah dan NU

Hajriyanto mengatakan perintah tolong–menolong sebagaimana disebutkan dalam ayat tersebut dapat dimaknai sebagai anjuran untuk melakukan kerja sama sekaligus kolaborasi untuk kepentingan kebaikan bersama.

Menurut dia salah satu aspek yang akan menentukan keberhasilan di masa mendatang adalah sejauh mana kemampuan berkomunikasi serta menjalin relasi dengan pihak lain.

Ketika ruang komunikasi dan interaksi dibuka maka banyak potensi kerja sama dan kolaborasi yang bisa dilakukan untuk kepentingan bersama.

Saat ini yang dibutuhkan adalah melakukan kerja sama agar dapat membangun sinergi.

"Ketika sinergi terbangun akan dapat saling mengisi sehingga memperkuat antara yang satu dan yang lainnya untuk kepentingan terwujudnya keunggulan. Orientasi saat ini tidak hanya untuk tujuan kemajuan semata akan tetapi kemajuan yang juga memiliki keunggulan," katanya.

Ia mengatakan apabila ingin memiliki keunggulan maka setiap lembaga yang ada termasuk dalam hal ini satuan pendidikan perlu membuka ruang untuk melakukan kerja sama antara yang satu dan yang lainnya agar masing-masing dapat saling belajar ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

Kepala SMP Mutual Kota Magelang Wasiun menuturkan kegiatan ta'aruf tahun ini mengambil tema "Menjalin Spirit Silaturahim dan Menumbuhkan Kepedulian".

Rangkaian acaranya meliputi khutbah ta'aruf dan juga pengenalan lingkungan serta program-program sekolah kepada calon siswa baru yang dilaksanakan secara daring. ***3***
Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020