Perbasi akan bentuk timnas muda sebagai pelapis di FIBA World Cup 2023

Perbasi akan bentuk timnas muda sebagai pelapis di FIBA World Cup 2023

Foto ilustrasi: Pemain timnas junior u 17 bola basket putra Indonesia Michael Darmawan (tengah), Julian Chalias (kanan) berusaha menghadanga pebasket Malaysia Joe Leong (kiri) pada pertandingan Kejuaraan Bola Basket Junior South East Asia Basket Ball 2019 di Hawk Stadium Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (27/11/2019). Pada pertandingan tersebut timnas junior putra Indonesia menang atas tim Malaysia dengan skor 92 - 66. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi akan membentuk tim nasional muda basket Indonesia sebagai pelapis timnas senior untuk persiapan menjelang FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.

"Timnas elite muda itu maksudnya untuk tim pelapis yang senior. Jadi akan dipersiapkan timnas muda," ujar Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, kepada Antara di Jakarta, Senin.

Menurut Fareza, PP Perbasi rencananya akan mulai merekrut beberapa pebasket muda, baik dari kalangan pelajar maupun perguruan tinggi, pada Agustus ini.

Baca juga: Timnas basket Indonesia gelar pelatnas awal Agustus

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih sebelumnya menyatakan bahwa pembentukan timnas muda itu perlu dibentuk sejak saat ini sebab diperlukan waktu yang cukup panjang untuk perencanaan, penyusunan, persiapan, dan pengolahan yang matang guna perolehan prestasi dan kesuksesan timnas muda basket Indonesia.

Timnas muda itu, kata Danny, nantinya bakal disebut sebagai Tim Nasional Elite Muda Bola Basket Indonesia sebagai pendukung Tim Nasional Elite Senior.

Keputusan pembentukan timnas muda itu juga telah tertuang dalam surat yang ditanda tangani Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen Nirmala Dewi.

Baca juga: BNPB apresiasi protokol kesehatan lanjutan IBL

Indonesia bersama Jepang dan Filipina memang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Begitupun pada FIBA Asia 2021 sebagai kualifikasi zona Asia, Indonesia kemungkinan besar akan menjadi tuan rumah bersama dengan negara lain.

“Indonesia bersama Jepang dan Filipina akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Kita juga menjadi co-host event FIBA Asia 2021. Maka, PP Perbasi perlu mengeluarkan acuan untuk pembentukan Timnas Elite Muda,” ucap Danny Kosasih.

Baca juga: Pelatih timnas basket Indonesia pantau pemain di IBL 2020
Baca juga: IBL verifikasi calon tim baru untuk kompetisi musim depan
Baca juga: Munas PP Perbasi dinyatakan sah setelah BAORI tolak gugatan

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020