“Masuk polisi gratis, tanpa melihat status keluarga dan tanpa uang sepeserpun,” kata Yuniar.
Pulang Pisau (ANTARA) - Kapolsek Maliku, Polres Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ipda Lasser Kristovor, melakukan aksi jungkir-balik sebagai wujud kegembiraan setelah salah satu putra asli daerah setempat bernama Eka Dadi Putra dinyatakan sebagai Calon Tamtama (Catam) Brimob dalam Penerimaan Catam Polri 2020.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur saya karena Catam Brimob yang dinyatakan lulus ini adalah anak orang tidak mampu dan diterima menjadi polisi tanpa biaya sepeserpun,” kata Lasser di Pulang Pisau, Selasa.

Aksi jungkir balik ini dilakukan di halaman Mapolsek Maliku sebagai rasa syukur dan bahagia atas anugerah yang diberikan oleh Allah.

Ia berharap apa yang didapat Eka Dadi Putra, warga Kecamatan Maliku yang sebelumnya menjadi anggota Banpol ini, bisa memberikan motivasi bagi generasi muda lain untuk selalu optimistis bahwa siapapun bisa menjadi anggota Polri tanpa biaya asal memenuhi syarat perekrutan.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto mengemukakan bahwa siapapun warga Indonesia memiliki kesempatan seluas-luasnya menjadi anggota Polri selama memenuhi persyaratan.

“Masuk polisi gratis, tanpa melihat status keluarga dan tanpa uang sepeserpun,” kata Yuniar.

Dalam rekrutmen calon anggota Polri 2020 ini, jelas Yuniar, memiliki slogan BETAH yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Ia juga mengajak warga setempat khususnya generasi muda yang memenuhi syarat untuk berani mengambil kesempatan setiap kali ada perekrutan anggota Polri.

Sementara itu, Eka Dadi Putra mengaku awalnya dia merasa pesimis bisa lulus Catam Brimob dengan keadaan ekonomi kedua orangtuanya yang tidak mampu. Bahkan dirinya sempat berniat mundur mengikuti tes.

“Namun saat mengikuti tes pertama kali, saya merasakan bahwa tes ini dilaksanakan dengan transparan, bersih dan tanpa sponsor. Panitia juga dalam melayani peserta dilaksanakan dengan ramah dan humanis,” ucapnya.

Eka juga memberikan apresiasi kepada Kapolres setempat, panitia penerimaan Catam Polri, Karo SDM, dan Kapolda Kalteng serta mengajak pemuda-pemudi untuk mendaftar menjadi anggota Polri dan selalu percaya kepada Tuhan dan kemampuan sendiri, juga jangan percaya kepada calo.

Secara khusus ia berterima kasih kepada Polsek Maliku yang telah mempercayakan dirinya sebagai tenaga Banpol dan telah membina, melatih dan memotivasi hingga sekarang lulus menjadi Catam Brimob.
 

Pewarta: Kasriadi/Adi Waskito
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020