Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menyebutkan total perwira Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD yang mendonorkan plasma darah sampai saat ini sudah sebanyak 113 orang.

"Pagi (11/8) ini ada 32 perwira mantan Secapa lagi yang donor plasma," katanya, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Dengan penambahan itu, kata dia, total mantan Perwira Secapa AD yang pendonor untuk terapi plasma convalescent sampai hari ini berjumlah 113 orang.

Baca juga: Kadispenad: Pasien positif COVID-19 di Secapa AD tinggal 64 orang
Baca juga: 28 Anggota Kodam Udayana lakukan donor plasma konvalesen
Baca juga: TNI sosialisasikan penerapan metode Plasma Donor Konvalesen


Mereka merupakan Perwira Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Istilah terapi plasma convalescent merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Plasma darah dari orang yang telah sembuh diperkirakan bisa membantu melawan SARS-CoV-2 karena memiliki antibodi yang telah dibentuk oleh pasien tersebut.

Sementara untuk pasien COVID-19 di Secapa AD sampai Selasa (11/8) berkurang lagi tiga pasien setelah dinyatakan sembuh atau negatif COVID-19.

Jadi, saat ini pasien yang telah sembuh dari COVID-19 di Secapa AD telah mencapai 1.244 orang (95,1 persen) dari 1.308 orang yang terinfeksi COVID-19.

Dengan terus bertambahnya pasien yang sembuh di Secapa AD, kata Kasad, berarti saat ini tinggal 64 orang atau 4,9 persen yang masih positif COVID-19.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020