Presiden: Jiwa dan karakter pramuka dibutuhkan saat pandemi

Presiden: Jiwa dan karakter pramuka dibutuhkan saat pandemi

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat upacara pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia menuju Jambore Pramuka Dunia XXIV di Istana Negara, Jakarta, Jumat (19/7/2019). (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan jiwa dan karakter pramuka yang tangguh dan disiplin dibutuhkan saat menghadapi pandemi COVID-19 saat ini.

"Di era pandemi COVID-19 yang berat seperti ini, jiwa dan karakter seperti (pramuka) itulah yang kita butuhkan," kata Presiden saat memimpin Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Presiden mengatakan sejak bernama pandu, pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi setiap rintangan, selalu peduli serta siap berkorban untuk sesama.

Menurut Presiden, jiwa dan karakter tangguh dan disiplin itu yang dibutuhkan di era pandemi.

"Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama melaksanakannya," ujar Presiden.

Presiden menyampaikan jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus dijalankan, maka dapat menghambat penyebaran COVID-19 dan mengurangi risiko-risiko penyertanya.

Upacara Hari Pramuka ke-59 sejatinya diperingati tanggal 14 Agustus 2020, namun karena pada saat itu Presiden harus mengikuti pidato kenegaraan di parlemen maka peringatan Hari Pramuka diusulkan hari ini Rabu 12 Agustus 2020.
 
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020