Menteri PUPR targetkan konstruksi kampus UIII Depok tuntas Juni 2021

Menteri PUPR targetkan konstruksi kampus UIII Depok tuntas Juni 2021

Proyek pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok. Dokumentasi Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok, Jawa Barat, tuntas pada Juni 2021.

"Untuk pembangunan yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR, yakni Masjid Kampus dan Perpustakaan akan terus dilaksanakan untuk dapat selesai sesuai target rencana dalam kontrak," ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pemerintah tengah membangun Universitas Islam Internasional Indonesia yang berlokasi di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat, di atas lahan seluas 142,5 hektare.

Baca juga: Wapres minta Menkeu, Menag segera anggarkan pembebasan lahan UIII

Pembangunan dilaksanakan dalam dua tahap, di mana tahap pertama dikerjakan oleh Kementerian Agama RI dengan biaya Rp714 miliar. Selanjutnya tahap kedua dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan lingkup pekerjaannya meliputi pembangunan gedung perpustakaan dan masjid dengan progres 18,21 persen lebih cepat dari target rencana sebesar 16,18 persen, dan apartemen mahasiswi dengan progres 30,66 persen lebih cepat dari target rencana 28,73 persen.

Untuk Pembangunan Tahap II yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR meliputi pembangunan Masjid Kampus 2 lantai seluas 5.200 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.880 jamaah. Saat ini progres konstruksinya sudah memasuki tahap pengecoran kolom, blok, serta plat lantai Area Masjid dan instalasi Baja Menara Masjid.

Kemudian pembangunan Perpustakaan Pusat delapan lantai seluas 16.556 meter persegi dengan kapasitas pengunjung 1.000 orang. Anggaran pembangunan Masjid Kampus serta Perpustakaan Pusat tersebut sebesar Rp254 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Pembangunan Perumahan ( Persero ).

Baca juga: Wapres minta Rektor UIII selesaikan kurikulum berstandar internasional

Saat ini progres konstruksinya sudah memasuki tahap pemasangan beton pracetak balok induk dan plat lantai lantai 3 dan 4, dan Pekerjaan Cor Beton Balok, Kolom dan Plat Lantai lantai 2, 3, dan 4.

Selain itu Kementerian PUPR juga membangun apartemen bagi Mahasiswi Blok I seluas 12.815 meter persegi yang terdiri dari delapan lantai dengan jumlah kamar 268 unit.

Alokasi anggaran untuk pembangunan apartemen tersebut senilai Rp120 miliar yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Hutama Karya. Ditargetkan pembangunan tahap II akan selesai pada akhir Juni 2021 sesuai adendum kontrak yang sebelumnya ditargetkan selesai pada Desember 2020.

Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada tanggal 29 Juni 2016.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2018 lalu dengan harapan pembangunan kampus UIII agar benar-benar menjadi pusat kajian dan pusat penelitian peradaban Islam.
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020