Warga sangat terbantu dengan listrik EBT yang sangat murah dan dapat dijangkau semua warga
Makassar (ANTARA) - Keberadaan pembangkit listrik bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT) di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, telah mendorong perekonomian warga kepulauan tersebut.

Kabid Energi Baru Terbarukan dan Kelistrikan Dinas EDSM Sulsel Achmad Habib di Makassar, Sulsel, Rabu mengatakan sejak diresmikan Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 2018, keberadaan 21 pembangkit EBT itu telah mendukung aktivitas warga yang mayoritas nelayan.

Baca juga: Kawal program strategis EBT, Kementerian ESDM bentuk satgas

Pembangkit EBT itu tersebar di beberapa kabupaten Sulsel, terbanyak berada di pulau-pulau Kabupaten Pangkep.

Pangkep merupakan kabupaten yang memiliki pulau terbanyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Sulsel yakni 117 pulau.

Khusus di Pangkep tersebut Pulau Saugi, Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tuba'biring Utara adalah di antara pulau yang mendapatkan hibah pembangkit EBT dari Kementerian ESDM.

Menurut Ketua Badan Perwakilan Desa Muhammad Anas, peningkatan ekonomi bagi warga Desa Mattiro Baji dengan tiga pulaunya yakni Pulau Saugi, Satando dan Sabuli ini sangat terasa perbedaannya sebelum dan setelah ada pembangkit EBT.

Sebagai gambaran, saat menggunakan listrik tenaga diesel harus membayar Rp4.000 per hari atau Rp120 ribu per bulan dengan menggunakan listrik mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 06.00.

Sementara dengan pembangkit EBT, cukup membayar Rp20 ribu per bulan, sudah dapat menikmati listrik dengan daya 600 kWp per kepala keluarga mulai dari pukul 18.00 hingga pukul 07.00.

"Warga sangat terbantu dengan listrik EBT yang sangat murah dan dapat dijangkau semua warga. Pada malam hari para ibu dapat membantu memperbaiki jala atau pukat ataupun membuat kue khas pulau untuk dijual esok harinya," kata Kepala Desa Mattiro Baji H Muslimin Daeng Sirua.

Untuk perawatan pembangkit EBT tersebut, lanjut dia, telah ditunjuk dua orang operator untuk merawat dan mengoperasikannya sehingga masih dapat digunakan dengan baik hingga saat ini.

Baca juga: Percepat EBT, pemerintah godok perpres sebagai terobosan regulasi
Baca juga: Kementerian ESDM sebut 24 pembangkit EBT beroperasi semester I 2020

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020