Bertambah 11 kasus baru, kumulatif COVID-19 di Mimika jadi 621

Bertambah 11 kasus baru, kumulatif COVID-19 di Mimika jadi 621

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Pandemi COVID-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, masih terus terjadi hingga kini dengan adanya penambahan 11 kasus baru sehingga total kumulatif COVID-19 di wilayah itu sudah mencapai 621 kasus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Rabu malam, mengatakan 11 kasus baru tersebut berasal dari Distrik Kuala Kencana sebanyak lima kasus, Mimika Baru tiga kasus, Wania dua kasus dan satu kasus lainnya dari Distrik Tembagapura.

"Untuk 11 kasus baru tambahan hari ini, tujuh kasus merupakan kasus transmisi lokal, sedangkan empat kasus lainnya merupakan kasus impor yang ditemukan pada pelaku perjalanan," kata Reynold.

Reynold secara khusus menyoroti meningkatnya temuan kasus COVID-19 pada pelaku perjalanan yang berasal dari luar daerah ke Timika setelah pemerintah daerah setempat membuka kembali penerbangan penumpang di Bandara Mozes Kilangin Timika sejak akhir Juni lalu.

Baca juga: Kejaksaan selidiki anggaran COVID-19 untuk Hotel Grand Mozza Timika

Baca juga: Kumulatif COVID-19 di Mimika mencapai 542 kasus


Pada masa penerapan adaptasi kebiasaan baru di Mimika (10 Agustus-23 Agustus 2020), sudah terdapat lima pelaku perjalanan yang dinyatakan positif COVID-19 setelah sampel usap hidung dan tenggorokannya diperiksa melalui laboratorium PCR baik di Klinik Kuala Kencana maupun RSUD Mimika.

Selain terdapat penambahan 11 kasus baru positif COVID-19 di Mimika, pada Rabu ini juga terdapat dua pasien sembuh dari kasus COVID-19, yaitu satu pasien sembuh dari Distrik Mimika Baru dan satu pasien lagi berasal dari Distrik Tembagapura.

Dengan demikian hingga kini total pasien sembuh dari kasus COVID-19 di Mimika sudah mencapai 484 orang, pasien meninggal enam orang dan pasien aktif yang masih menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit sebanyak 127 orang.

Distrik Tembagapura hingga kini masih menjadi wilayah penyumbang terbanyak kasus COVID-19 di Mimika dengan jumlah kasus aktif saat ini sebanyak 89 pasien, disusul Distrik Mimika Baru sebanyak 23 pasien, Distrik Kuala Kencana sebanyak sembilan pasien dan Distrik Wania sebanyak enam pasien.

Distrik Tembagapura dan Mimika Baru merupakan zona merah penularan COVID-19 di Mimika, sementara Distrik Kuala Kencana dan Wania berstatus zona kuning.

Adapun 14 distrik lainnya di Mimika kini berstatus zona hijau.*

Baca juga: 9 kasus baru COVID-19 di Mimika dari karyawan Freeport Indonesia

Baca juga: Petugas kesehatan tangani COVID-19 Mimika sudah terima insentif
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020