Jakarta (ANTARA) - Orange County, sebuah wilayah setingkat kabupaten di area metropolitan Los Angeles, California, menetapkan 24 Agustus sebagai Hari Kobe Bryant untuk memperingati mendiang pebasket legendaris itu.

Hal itu diputuskan dalam pemungutan suara di antara Dewan Penasihat Orange County pada Selasa (11/8), tulis CNN, Kamis.

Kendati Bryant dilahirkan pada 23 Agustus, otoritas Orange County memilih 24 Agustus guna mewakili dua nomor punggung yang dipakai legenda LA Lakers itu selama kariernya yakni 24 dan 8.

Baca juga: Pengukuhan nama Kobe di museum basket Naismith ditunda ke tahun depan

Bryant juga diketahui pernah menetap di Newpoart Beach, Orange County, sebelum meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter tragis pada 26 Januari 2020 yang juga menewaskan putrinya Gianna dan tujuh orang lainnya.

"Dia adalah warga terkemuka Orange County, Kobe Bryant adalah legenda bola basket yang menginspirasi pemuda dan pemudi untuk pantang menyerah meraih mimpi," kata Ketua Dewan Penasihat Orang County Michelle Steel.

"Saya mengusulkan 24 Agustus didedikasikan untuk mengenang Kobe Bryant dan semua yang telah ia sumbangkan untuk masyarakat Orange County, yang terus menyemangati orang-orang agar tak menyerah mencapai mimpinya," kata dia.

Baca juga: Kobe Bryant akan ditampilkan pada sampul video gim NBA 2K21

"Yang terpenting adalah kita semua berusaha menginspirasi setiap orang agar mereka bisa menjadi yang terbaik dalam segenap hal yang ingin mereka lakukan," pungkas Steel.

Sebelumnya, kala Bryant masih hidup Dewan Kota Los Angeles, tempat Lakers bermarkas, pada 2016 sempat menobatkan tanggal yang sama 24 Agustus sebagai Hari Kobe Bryant sebagai ucapan terima kasih atas kerja kerasnya membagikan kebanggaan bagi warga kota tersebut.

Bryant lima kali mengantarkan trofi juara NBA untuk Lakers dan nomor punggung 8 serta 24 yang pernah dikenakannya juga kini sudah dipensiunkan oleh tim itu menyusul kepergiannya.

Baca juga: Kobe Bryant dan MVP NBA yang dimenanginya 12 tahun lalu
Baca juga: Kisah Kobe Bryant akan dibuat film atau serial dokumenter

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020