Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi, genap berusia 10 tahun pada bulan ini, setelah mengalami banyak perjuangan selama satu dekade ke belakang.

"Sepuluh tahun terakhir tentunya banyak keajaiban yang terjadi, sekaligus banyak tantangan yang kami hadapi selama 10 tahun terakhir," ujar Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Secara spesifik Alvin mengungkapkan tahun 2016 menjadi tahun penuh tantangan bagi Xiaomi. Bahkan, pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun harus bekerja ekstra keras agar perusahaan dapat bertahan.

"Mr. Lei Jun sendiri bekerja dari jam 6 pagi sampai jam 2 pagi," ujar Alvin.

"Itu semua dikarenakan janji untuk tetap pada value Xiaomi untuk tidak mengambil banyak profit dari bisnis kami," dia melanjutkan.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 Ultra dibekali kamera 120x zoom untuk lawan Samsung?

Baca juga: Segmen ponsel menengah atas padat, ini komparasinya


Dengan janji tersebut, Alvin mengatakan ada tantangan yang dihadapi. Salah satunya, terbatasnya anggaran untuk pemasaran atau menjadikan selebriti sebagai duta produk.

"Dan, pada saat itu pemain besar, Samsung dan Apple, adalah kompetitor kami. Bayangkan, umur Xiaomi masih muda tentunya tantangan tersebut sangat sulit pada saat itu," kenang Alvin.

Namun, pada tahun itu Xiaomi menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan Mi MIX generasi pertama, yang menjadi pioner infinity display dan inspirasi kepada industri.

"Tentunya 10 tahun ke depan selalu ada tantangan, tapi kami yakin selama kami melakukan tiga hal, pertama selalu berinovasi, kedua menghasilkan produk dengan harga sebenarnya," kata Alvin.

"Dan, tetap menjadi teman dengan pengguna kami, kami yakin akan bisa terus overcome dengan tantangan tersebut," dia menambahkan.

Dalam merayakan ulang tahun ke-10, Xiaomi meluncurkan smartphone entry level Redmi 9A. Tidak hanya itu, Xiaomi juga memperkenalkan serangkaian produk ekosistem Internet of Things (IoT) terbaru, yakni Mi Wi-Fi Range Extender Pro, Mi True Wireless Earphones 2 Basic dan Mi Smart Band 5.

Mi Wi-Fi Range Extender Pro
Perangkat pintar Mi Wi-Fi Range Extender Pro mendukung kegiatan di rumah untuk memperkuat cakupan dari router internet.
 
Mi Wi-Fi Range Extender Pro (HO/Xiaomi Indonesia)


Dua buah antena yang dimiliki perangkat ini disebut mampu menghadirkan koneksi stabil dengan kecepatan hingga 300 Mbps.

Perangkat ini dapat membuat lebih banyak perangkat terhubung pada jaringan WiFi dalam rumah maupun kantor dengan total 16 perangkat.

Mi Wi-Fi Range Extender Pro dibanderol dengan harga Rp149.000, dan akan tersedia secara online dan offline pada 17 Agustus.

Mi True Wireless Earphones 2 Basic
Perangkat ini dibuat untuk para penggemar musik dan mereka yang produktif. Mi True Wireless Earphones 2 Basic dilengkpai 14,2 mm dynamic driver dan dukungan codecs AAC dan SBC.

Baca juga: Xiaomi hadirkan earbuds baru dan MIUI 12

Baca juga: Zaman internet, zaman IoT

 
Mi True Wireless Earphones 2 Basic (HO/Xiaomi Indonesia)


TWS terbaru Xiaomi ini bisa dipergunakan untuk perangkat Android, iOS, maupun perangkat audio lainnya.

Perangkat audio pintar ini diklaim punya daya tahan sampai 5 jam dari kondisi baterai penuh, dengan total masa pakai 20 jam melalui tiga kali pengisian dari wadahnya.

Perangkat ini juga mendukung produktivitas saat mengikuti meeting dengan teknologi "dual-mic environmental noise cancellation" yang mampu menyaring suara di latar belakang.

Pengguna bisa dengan mudah menghentikan musik dengan melepas sebelah earphone dengan adanya teknologi "in-ear detection" termasuk memberi perintah berupa dua ketuk ke badan earphone untuk menjalankan musik, menerima panggilan atau mengakses perintah suara.

Mi True Wireless Earphones 2 Basic ditawarkan dengan harga Rp349.000, dan tersedia secara online dan offline pada 17 Agustus.

Mi Smart Band 5
Perangkat pendukung kebugaran Mi Smart Band 5 hadir dengan layar AMOLED berukuran 1,1 inci membuat notifikasi yang diterima bisa dibaca dengan jelas.
 
Mi Smart Band 5 (HO/Xiaomi Indonesia)


Perangkat ini juga membawa kemampuan lebih banyak pengukuran, seperti 11 aktivitas olahraga mulai yoga hingga lompat tali, serta memantau denyut jantung, kualitas tidur, termasuk pemantau jadwal menstrual untuk wanita.

Fitur baru ditambahkan untuk perangkat ini yakni camera remote yang memudahkan pengguna mengambil gambar dengan satu sentuhan.

Mi Smart Band 5 juga telah mengantongi sertifikasi 5ATM yang memungkinkan perangkat dipakai sembari berenang, snorkeling, atau bahkan saat mandi.

Untuk sekali pengisian daya, pemantau kebugaran ini disebut bisa bertahan hingga 14 hari.

Mi Smart Band 5 dibanderol dengan hargar Rp449.000, dan akan tersedia secara online dan offline pada 20 Agustus. 

Baca juga: Xiaomi Redmi 9A harganya mulai Rp1,2 juta

Baca juga: Mi 10 Ultra, pesaing OPPO, Samsung dan Huawei

Baca juga: Xiaomi luncurkan Mi 10 Ultra, kamera 48MP

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020