Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah perjalanan KA Jarak Jauh serta memperpanjang rangkaian kereta pada beberapa perjalanan dalam rangka menyambut libur Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dan libur Tahun Baru Islam pada 20 Agustus.

"Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang yang berdekatan ini," ujar Humas KAI Joni Martinus.

Pada Agustus 2020 KAI rata-rata mengoperasikan 53 KA Jarak Jauh per hari, naik 55 persen dibanding rata-rata Juli dengan 34 KA per hari.

Baca juga: Daop Surabaya tambah 6 perjalanan kereta pada Agustus ini

KAI mengoperasikan kembali KA Jarak Jauh dari dan menuju kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Madiun, Blitar, Surabaya, Malang, Jember, hingga Ketapang.

KA yang dioperasikan di antaranya Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp), Malabar (Pasar Senen - Malang pp), Brantas (Pasar Senen - Blitar pp), Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), Senja Utama Yogyakarta (Pasar Senen - Yogyakarta pp), Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp), Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Purwojaya (Gambir - Cilacap pp), Mutiara Timur (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), dan berbagai KA lainnya.

Baca juga: Jelang HUT RI, KAI bagikan tiket gratis KA Argo Parahyangan

KAI juga menambah KA yang berjalan setiap hari, di antaranya mulai 15 Agustus yaitu KA Argo Wilis (Gambir - Surabaya Gubeng pp), mulai 17 Agustus, KA Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp), dan Malabar (Pasar Senen - Malang pp), mulai 18 Agustus, KA Matarmaja (Pasar Senen - Malang pp) dan Bima (Gambir - Malang pp), mulai 19 Agustus, KA Ciremai (Bandung - Semarang Tawang pp), Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang), Argo Sindoro (Semarang Tawang - Gambir).

“Sampai dengan saat ini sudah terdapat KA-KA yang okupansinya cukup tinggi pada akhir pekan, terutama yang menuju Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Untuk melayani lebih banyak masyarakat, KAI memperpanjang jumlah rangkaian pada rute dan tanggal yang menjadi favorit masyarakat,” kata Joni. Misalnya, kata dia, KA Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi), KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), dan Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp).

Baca juga: KA Argo Cheribon kembali beroperasi mulai 14 Agustus

Baca juga: Penumpang naik 37 persen pada Agustus, KAI kampanyekan gerakan 3M


 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020