Jakarta (ANTARA) - Sergio Perez mengaku sangat senang bisa kembali membalap di Formula 1 setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19 jelang Grand Prix Spanyol akhir pekan ini.

Pebalap tim Racing Point itu telah melewatkan dua seri sebelumnya yang digelar di Silverstone, Inggris, setelah kedapatan terinfeksi COVID-19 jelang Grand Prix Britania.

Ketika itu Perez, yang akrab dipanggil Checo, baru saja kembali dari Meksiko untuk menjenguk ibunya yang mengalami kecelakaan.

Baca juga: Perez negatif COVID-19, kembali membalap di GP Spanyol

"Aku sangat senang akhirnya bisa kembali, menghilangkan virus ini dan kembali dengan timku," kata Perez seperti dilansir laman resmi Formula 1, Kamis.

"Hari-hari yang berat untukku. Aku senang bisa kembali dan melakukan apa yang aku cintai.

Checo pun mengaku merasa frustasi ketika hanya lewat televisi dia bisa melihat mobilnya melaju di Silverstone, dikemudikan oleh Nico Hulkenberg yang dimandati oleh tim untuk menggantikannya.

Selama di karantina, Perez pun tetap fokus untuk latihan untuk tetap menjaga kebugarannya.

"Aku sangat beruntung tidak memiliki gejala parah melainkan hanya sedikit sakit kepala dan satu atau dua hari aku merasa sangat lelah," kata Perez yang juga mengaku mengalami pusing ketika di Grand Prix Hungaria.

"Aku tidak bisa meninggalkan ruangan, jadi aku pada dasarnya menjalani lockdown 10 hari. Hanya itu yang aku rasakan. Aku berlatih di apartemen yang aku tinggali, mencoba tetap fit.

Baca juga: Vettel gunakan sasis baru di Catalunya
Baca juga: Verstappen siap menebar ancaman di Catalunya


Ada peluang bagi Perez untuk membalap di balapan kedua di Silverstone jika tes menunjukkan hasil negatif, namun sayang ia masih memiliki virus corona kala itu.

Perez juga rutin menjalin komunikasi dengan Hulkenberg yang menggantikannya di dua balapan di Silverstone sekaligus mantan rekan satu timnya itu, termasuk pada Kamis pagi ketika sang pebalap Meksiko itu dikabarkan akan kembali membalap.

"Aku saat itu berharap dia bisa meraih podium pertamanya, sayangnya itu tidak terjadi," kata Perez.

Baca juga: Williams ikuti McLaren cabut rencana banding kasus Racing Point
Baca juga: Verstappen kalahkan duet Mercedes pada balapan hari jadi F1 ke-70

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020