Digitalisasi, tingkatkan pendapatan UMKM Sulsel sampai 194 persen

Digitalisasi, tingkatkan pendapatan UMKM Sulsel sampai 194 persen

Tangkapan layar suasana webinar dan peluncuran "Program Terus Usaha" yang digagas Grab Indonesia bersama Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar di Makassar, Kamis (13/8/2020). ANTARA Foto/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - Peningkatan pendapatan dari UMKM Sulsel mencapai 194 persen dengan digitalisasi yang didukung layanan jasa digital Grab dengan kontribusi sebesar Rp4,2 triliun bagi perekonomian Sulsel pada 2018-2019.

Hal itu dikemukakan Kepala Departemen Ekonomi, Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damur pada webinar dan peluncuran Program Terus Usaha untuk mendukung UMKM Sulsel berbasis digital, di Makassar, Kamis (13/8).

Dia mengatakan, sebanyak 18 persen responden mengaku bisa membuka lapangan pekerjaan bagi lebih banyak orang saat bisnisnya berkembang. Di sisi lain, dalam era tatanan kehidupan baru, 9 dari 10 masyarakat Sulawesi Selatan bertransaksi secara digital, sejalan dengan temuan BPS yang menunjukkan 26,31 persen masyarakat Sulawesi Selatan berbelanja dari rumah.

"Hal ini menandakan bahwa digitalisasi UMKM menjadi sangat penting dalam membantu UMKM lokal untuk bangkit guna menjaga ketahanan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja di era adaptasi kebiasaan baru ini," kata Yose Rizal.

Baca juga: Potensinya besar, Menko Airlangga minta UMKM manfaatkan digitalisasi
Baca juga: Pinjaman modal buat koperasi di Sulsel melalui LPDB capai Rp1 triliun
 

Sementara itu, data dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mencatat hampir 2.000 UMKM yang mengalami dampak negatif akibat pandemi COVID-19.

Mencermati kondisi tersebut, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, di tengah masa sulit akibat pandemi, dukungan kepada UMKM menjadi sebuah keharusan karena merekalah tulang punggung dari perekonomian.

Karena itu, pihaknya mengapresiasi Grab yang ikut mendukung ketahanan ekonomi dengan program #TerusUsaha yang diluncurkan di Sulawesi Selatan.

"Apa yang Grab lakukan sejauh ini di Sulawesi Selatan sangat luar biasa, dengan berbagai inovasi yang terus muncul. Kami berharap, semoga dengan hadirnya solusi digitalisasi oleh Grab lebih banyak UMKM yang bisa terus meningkatkan transaksi mereka di tengah pandemi," ujarnya.

Ia yakin kerja sama dengan Grab ini dapat membawa dampak positif untuk perekonomian lokal dan nasional dalam waktu dekat.

Baca juga: Bukalapak jajaki kerjasama Pemprov Sulsel pasarkan produk UMKM
Baca juga: Pemerintah dorong akses teknologi bagi UMKM akselerasi PEN

Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020