Jakarta (ANTARA) - Baru saja meluncurkan Redmi 9A, Xiaomi kemudian memasukkan ponsel tersebut ke segmen pasar entry level.

Ponsel harga Rp1 juta-an tersebut harus bersaing dengan perangkat dengan kisaran harga yang sama, yaitu Galaxy A01 Core milik Samsung dan C11 dari Realme.

Menanggapi persaingan di kelas entry level, Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mengungkapkan poin utama yang membedakan perusahaan teknologi asal China tersebut dengan para kompetitornya.

"Akan selalu ada kompetitor yang mencoba mereplikasi apa yang kami lakukan, namun ada satu hal yang tidak akan berubah. Janji Xiaomi untuk tidak akan mengambil lebih dari 5 persen profit dari hardware," ujar Alvin dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/8).

Baca juga: Mi 10 Ultra ke Indonesia? Ini kata Xiaomi

Baca juga: Xiaomi Redmi 9A harganya mulai Rp1,2 juta


Alvin mengatakan bahwa Xiaomi selalu menggunakan komponen dari pemasok perangkat elektronik bertaraf dunia.

Oleh karena itu, Xiaomi sering kali menggelar sesi mempreteli komponen, "agar semakin banyak lagi orang tahu walaupun produk Xiaomi terjangkau, tapi komponen terbaik di kelasnya," kata Alvin.

"Bicara kompetisi, kami tidak kahwatir karena kami pede karena kami berani menawarkan spek lebih tinggi dengan harga lebih rendah," dia menambahkan.

Berikut komparasi Xiaomi Redmi 9A dengan Samsung Galaxy A01 Core dan Realme C11.

Xiaomi Redmi 9A

Redmi 9A memiliki layar 6,5 inci dengan desain unibody. Perangkat tersebut dibekali kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP.
 
Xiaomi Redmi 9A (ANTARA/Arindra Meodia)


Dari segi dapur pacu, Redmi 9A ditenagai prosesor Mediatek Helio G25 dan baterai 5.000mAh. Ponsel tersebut hadir dalam dua varian RAM/ROM, yaitu 2GB/32GB dengan harga Rp1,199 juta, dan 3GB/32GB dengan harga Rp1,299 juta.

Samsung Galaxy A01 Core

Meluncur pada bulan Juli, Galaxy A01 Core hadir dengan layar 5,3 inci IPS bersolusi HD+. Perangkat ini dibekali kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP.
 
Samsung Galaxy A01 Core (HO/Samsung Electronics Indonesia)


Ponsel tersebut dipersenjatai prosesor Mediatek MT6739 dengan RAM 1GB dan ROM 16GB, serta baterai 3.000mAh. Galaxy A01 Core dibanderol dengan harga Rp1,099 juta.

Realme C11

Realme menghadirkan C11 pada bulan Juni, yang mengusung layar 6,5 inci. Ponsel tersebut mengusung kamera ganda dengan lensa utama 13MP, sementara lensa kedua 2MP.

Realme C11 dibekali prosesor Mediatek Helio G35 dan baterai 5.000mAh. Perangkat tersebut tersedia dalam dua varian RAM/ROM, yaitu 2GB/32GB dan 3GB/32GB, yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,499 juta.

Baca juga: Realme hadirkan C11 dengan chipset MediaTek

Baca juga: Segmen ponsel menengah atas padat, ini komparasinya

Baca juga: C15 meluncur, Realme hentikan produksi 5i

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020