PPI dukung perekonomian daerah lewat pengembangan ekonomi lokal

PPI dukung perekonomian daerah lewat pengembangan ekonomi lokal

Logo PT PPI. (http://ptppi.co.id)

Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang perdagangan mendukung perekonomian daerah melalui pengembangan ekonomi lokal.

"PPI mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya masing-masing tersebut melalui pengembangan ekonomi lokal, pendayagunaan potensi dan sumberdaya unggulan untuk pengembangan usaha ekonomi produktif," ujar Direktur Teknik dan Pengembangan PPI Prasetiyo Indroharto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selain itu dia juga menambahkan bahwa PPI ikut berperan menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) perusahaan untuk melakukan pemberdayaan, penciptaan iklim usaha, pengembangan usaha, memberikan pembiayaan dan penjaminan, dan menjalin kemitraan agar UMKM terus berkembang.

PPI senantiasa sigap untuk menjaga pilar ketersediaan dapat dipenuhi, baik dari hasil produksi dalam negeri maupun produk komoditi ekspor ke luar negeri, mendorong penyerapan dari serta UMKM, nelayan, petani, dan peternak, juga ihwal keterjangkauan (accessibility) yang secara fisik berada dekat dengan konsumen, di mana dengan sebaran jaringan PPI di seluruh Indonesia memudahkan kami untuk dekat dengan sumber demand yaitu masyarakat Indonesia.

Baca juga: PPI ikut majukan UMKM melalui pembinaan manajemen dan bantuan modal

Ihwal stabilitas yang harus tersedia dan terjangkau setiap saat serta setiap tempat, PPI juga selalu ikut berperan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok komoditi pangan nasional.

Sebaran wilayah operasional PPI, membuat PPI dapat menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi komersial yang berperan sebagai distributor produk komersial yang mendukung ketersediaan, keterjangkauan, mutu dan kesinambungan dengan menciptakan bisnis dan perusahaan pangan kelas dunia, dengan target roadmap menjadi Flagship Trading Company Of Indonesia.

Sedangkan PPI juga memiliki fungsi sosial, yaitu menjalankan program stabilisasi harga, meningkatan ekonomi daerah dan pemberdayaan melalui cross selling yang membuka dan menyerap hasil petani, peternak, nelayan, dan pelaku UMKM tersebut. Hal ini menjadikan PPI mendukung konsep Rakyat Berproduksi Negara Membeli.

Baca juga: PPI catatkan kinerja keuangan positif pada semester I 2020

Baca juga: PT PPI tambah kantor perwakilan di Singapura demi penetrasi ekspor


PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional, telah menunjukkan eksistensinya dengan baik.

Di dalam negeri, PPI berkembang dengan didukung oleh unit kerja strategis, yaitu Perusahaan Induk dengan 32 kantor Cabang, 3 Anak Perusahaan, 4 Representative Office (China, Taiwan, Mesir, Singapura), lebih dari 70 Toko Grosir BUMN, serta mitra bisnis di dalam dan luar negeri.

Didukung oleh gudang-gudang dan trucking logistik di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia, PPI terus berusaha menjadi perusahaan dagang terpercaya dan terkemuka serta mempunyai akses sumber dan jaringan pemasaran di dalam dan luar negeri, yang melakukan perdagangan umum dan khusus yang menangani beraneka ragam produk sejak dari hulu hingga hilir secara komersial dan terukur.

Baca juga: PPI lakukan internalisasi baru wujudkan BUMN perdagangan terpercaya

Baca juga: PPI gandeng UMKM, petani dan nelayan sebagai mitra percepatan ekspor
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020