Jakarta (ANTARA) - Lagu-lagu bertema nasional atau kebangsaan selalu dikumandangkan saat menjelang dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, beberapa di antaranya merupakan lagu lama namun tetap enak didengar sepanjang masa.

Grup band Cokelat dengan "Bendera", NTRL dengan "Garuda di Dadaku" hingga "Kebyar-Kebyar" milik Gombloh selalu putar untuk memperingati 17an. Lagu-lagu tersebut dari lirik hingga musik bisa menggugah semangat nasionalis. Berikut ini adalah beberapa lagu yang sering diputar untuk menyemarakkan kemerdekaan.


Baca juga: Jelang Hari Kemerdekaan, intip promo e-commerce hingga dompet digital

Baca juga: Instagram dan Snapchat semarakkan peringatan HUT ke-75 RI



"Bendera"
Meski dipopulerkan oleh grup band Cokelat, "Bendera" merupakan ciptaan dari Eross Chandra atau Eross Sheila on 7. "Bendera" sudah seperti lagu wajib yang harus dinyanyikan selama masa 17an.

"Dari Mata Sang Garuda"
Lagu dari grup band Pee Wee Gaskins ini memberi semangat bagi pada pendengarnya. Selain diputar saat perlombaan 17 Agustusan, lagu ini juga sering dimainkan saat pertandingan olahraga.

"Kebyar-Kebyar"
Lagu ini sering dibawakan dari panggung ke panggung, bahkan hampir semua orang hafal dengan "Kebyar-Kebyar" dari penyanyi Gombloh. Meski lagu ini dirilis pada 1979, "Kebyar-Kebyar" masih enak untuk dinyanyikan, lirik lagunya pun sangat mendalam.

"Negeriku"
Lagu ini dirilis pada tahun 1977 oleh musisi legenda Chrisye. "Negeriku" sering diputar saat 17 Agustus ataupun pertandingan olahraga.

"Rumah Kita"
Lagu ini juga sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia baik yang muda ataupun orangtua. Lirik lagu yang mengingatkan akan pentingnya rasa nasionalis dan kebanggaan pada Indonesia.

Grup rock legenda Indonesia, God Bless merilis lagu tersebut pada tahun 1988, namun "Rumah Kita" selalu berkumandang baik di Hari Kemerdekaan hingga peristiwa kenegaraan lainnya.

"Garuda di Dadaku"
Lagu milik grup band NTRL yang dulunya bernama Netral ini, selalu diputar saat ada pertandingan olahraga namun "Garuda di Dadaku" juga jadi pengiring saat perlombaan 17an.

"Jadilah Legenda"
Lagu yang dirilis oleh grup band Superman is Dead atau SID ini dirilis pada tahun 2013. "Jadilah Legenda" merupakan soundtrack dari "Aku Anak Indonesia", lagu tersebut cukup sering diputar saat 17an. Lirik "Jadilah Legenda" mengingatkan untuk mencintai bangsa dan tidak menyerah dengan segala cobaan.


Baca juga: Cantika Abigail nantikan upacara perayaan 17 Agustus di Istana

Baca juga: Tips persiapkan keuangan agar tak jadi beban keluarga di usia 75 tahun

Baca juga: Berkelana dengan "mesin waktu" di Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020