Bandung (ANTARA) - Satuan Lalu-lintas Polres Cimahi memberlakukan rekayasa lalu-lintas buka-tutup jalur di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu.

Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah, mengatakan, rekayasa itu diberlakukan karena terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju sejumlah objek wisata di kawasan Lembang saat libur panjang ini.

"Rekayasa buka-tutup hanya bersifat penarikan kendaraan saja, jadi kalau kami melakukan penarikan kendaraan yang dari arah Bandung, otomatis yang dari arah Lembang kami tutup dulu," kata Susanti saat dihubungi di Bandung, Minggu.

Baca juga: BPTJ-Polres Bogor lakukan uji coba sistem 2-1 di jalur Puncak

Rekayasa buka-tutup arus lalu-lintas itu berjalan selama 15 menit sekali untuk menguras jumlah kendaraan yang melaju. Namun ia memastikan kendaraan di kawasan itu masih tetap berjalan meski lalu-lintas cukup padat.

Saat libur panjang ini, menurut dia, masyarakat sudah memadati kawasan Lembang sejak Sabtu (16/8) untuk memanfaatkan libur panjang. Saat libur panjang ini ada peningkatan volume kendaraan sebesar 50 persen dibandingkan hari-hari biasanya.

Baca juga: Petugas buka-tutup "rest area" Tol Jakarta-Cikampek

"Mereka dominannya menuju lokasi wisata seperti Farmhouse, The Great Asia Africa, dan Floating Market," katanya.

Berdasarkan pantauan, kendaraan yang memadati kawasan Lembang itu didominasi oleh kendaraan yang berasal dari Jakarta dan dari sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat.

Dengan demikian, ia mengimbau kepada masyarakat pengguna jalur wisata Lembang agar mengikuti arahan petugas yang ada di lapangan serta mematuhi petunjuk lalu lintas.

"Tetap mengikuti arahan petugas serta tidak lupa masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19," katanya.

Baca juga: Hari ini rest area Tol Cikampek dibuka tutup

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020