Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan Yonif 133/YS bersama warga mengibarkan bendera merah putih raksasa atau berukuran besar, yakni 60 meter x 20 meter serta ratusan bendera merah putih ukuran kecil di tapal batas Indonesia - Malaysia, tepatnya di Bukit Sinduk, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
 
"Bendera merah putih ukuran raksasa dan ukuran kecil itu kami kibarkan di sebuah bukit di tapal batas dalam rangka memeriahkan HUT ke - 75 RI," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.
 
Hendra menyampaikan, pengibaran bendera dilakukan oleh personel Pos Kapar Satgas Yonif 133/YS bersama segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah perbatasan.
 
Menurut dia, pengibaran bendera raksasa dan ratusan bendera merah putih ukuran kecil itu bukan hanya semata - mata meriahkan HUT RI, namun juga sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan jiwa nasionalisme pada masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia.
 
" Prosesi pengibaran bendera merah putih itu dilakukan dengan rangkaian acara adat oleh masyarakat setempat, seperti pemotongan bambu hingga pemotongan ayam, yang kesemuanya melambangkan rasa syukur dan sebagai penyambutan terhadap para tamu penting yang menaiki Bukit Sinduk tempat digelarnya acara," ucap Hendra.
 
Tak ketinggalan, acara pembacaan narasi teks Kemerdekaan Republik Indonesia, dan pembacaan doa juga dilakukan guna menambah khidmatnya acara.
 
Haadir dalam kegiatan tersebut Perwira Staf Satgas Yonif 133/YS, perwakilan Kantor Kecamatan Batang Lupar, Kepala PLBN Badau, Kepala Bea Cukai Badau, Kepala Karantina Pertanian Badau, Kepala Karantina Perikanan Badau, Kepala Karantina Kesehatan Badau, Kepala Imigrasi Badau, personel Polsek Batang Lupar, personel Koramil 1206-03/Batang Lupar, Polisi Kehutanan Kecamatan Batang Lupar, perwakilan Pengurus Adat Kecamatan Batang Lupar, para pelajar SMA, SMP dan SD Batang Lupar. ***1***

Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa dibentangkan di Bukit Kelam Kalbar

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020